Implementasikan Kurikulum Berbasis MBKM, LP3A Gelar Workshop Akademik ๐Ÿ‘๏ธ๏ธ 447

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 13 September 2021 | 15:04 pm Berita

Implementasikan Kurikulum Berbasis MBKM, LP3A Gelar Workshop Akademik

UNIMUDANews | Pada Senin (13/09) Lembaga Pengembangan Pendidikan, Pengajaran dan Akademik (LP3A) Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengadakan Workshop Akademik di Meeting Room Gedung Mas Mansyur. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan sebelum memulai tahun ajaran baru.

Workshop Akademik pada tahun ini dilaksanakan dengan mengusung tema Pengembangan Kurikulum Pembelajaran UNIMUDA Sorong Berbasis Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan yang diikuti oleh Seluruh Sivitas Akademika UNIMUDA Sorong ini dilaksanakan dengan tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi dalam implementasi terhadap seluruh Fakultas dan Program Studi tentang Implementasi Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka di tindaklanjuti dengan peninjauan kurikulum ditingkat Program Studi. 

Ahmad Yulianto, M.Pd. sekalu Ketua Pelaksana pada kegiatan ini menyampaikan dalam Laporan Ketua Pelaksana bahwasnnya pada pelaksanaan workshop ini seluruh dosen akan diberikan bimbingan teknis penyusunan perangkat pembelajaran dalam bentuk RPS, dan menyusun instrumen pembelajaran dalam sistem e-learning dan pengembangan blog. Beliau juga menyampaikan apa yang menjadi harapan dalam terlansananya Workshop Akademik ini.

...adapun harapan atau hasil yang kita targetkan melalui kegiatan workshop ini yang pertama adalah penyusunan kurikulum prodi, dimana setiap prodi akan melaksanakan peninjauan kurikulum dengan mengacu pada kurikulum merdeka belajar kampus merdeka.” Ungkapnya.

Ahmad juga menjelaskan terkait teknis dari pelaksanaan kegiatan yang disertakan dalam Workshop Akademik ini dan apa saja yang kemudian nantinya perlu disiapkan oleh masing-masing Program Studi di tiap Fakultas.

Pada teknis pelaksanaannya yang pertama nantinya akan disertakan ke setiap prodi untuk membuat blog yang diajukan ke LP3A dan nanti kami akan menindaklanjuti terkait dengan peninjauan kurikulumnya. Kemudian yang kedua tersusunnya perangkat pembelajaran dalam bentuk RPS untuk setiap mata kuliah di tingkat prodi, yang ketiga termuatnya instrumen pelajaran dalam e-learning dan bapak/ibu dapat mengembangkan blog. Adapun tempat dan pelaksanaan dilaksanakan di meeting room di gedung mm mulai dari 13-18 september 2021.” Jelasnya.

Pada pelaksanaan Workshop Akademik ini dibagi menjadi 3 gelombang mengingat kondisi saat ini masih dalam suasana Pandemi Covid-19, sehingga pelaksaan kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian ditiap Fakultas.

Untuk gelombang 1 yaitu dimulai pada tanggal 13-14 September 2021 untuk Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Agama Islam (FAI). Gelombang 2, pada tanggal 15-16 September 2021 untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dab gelombang 3 yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) pada tanggal 17-18 September 2021.

Pada pembukaan kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid yaitu daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) ini diikuti oleh sebanyak 110 orang Peserta yang mengikuti kegiatan Workshop Akademik ini yaitu dosen tetap UNIMUDA Sorong yang terbagi dari 4 Fakultas diantaranya ada 64 dosen tetap dari FKIP, 22 dosen tetap FST, 19 dosen tetap FISHUM, dan 5 dosen tetap dari FAI.

Kepala LP3A Mukhlas Triyono, M.Pd. yang pada saat ini juga sebagai Pelaksana Tugas Wakil Rektor 1 UNIMUDA Sorong mengampaikan dalam sambutannya bahwasannya saat ini kita perlu bersyukur.

kita bersyukur tetapi juga sedikit khawatir memang, karena posisinya kita harus bersyukur bahwasannya UNIMUDA Sorong ini dari hari ke hari pekerjaannya semakin banyak, salah satunya ditandai hari ini saja untuk program studi atau fakultas yag kita jadwalkan untuk mengikuti kegiatan secara luring juga banyak yang bertugas keluar. Gagal merencanakan sesuatu itu sama halnya dengan merencanakan kegagalan.” Ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam satu bulan ini kegiatan yang harus diselesaikan oleh sivitas akademika luar biasa banyak, dan beberapa poroject juga yang harus diselesaikan terkait dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang harus diselesaikan sesegera mungkin utamanya bulan ini sampai dengan desember. Sehingga bila ada dari sivitas akademika yang pada saat ini belum bisa hadir secara luring, sangat memaklumi karena memang banyak yang harus bertugas di luar.

Pada hakikatnya Workshop Akademik ini adalah perencanaan akademik yang dilakukan oleh setiap dosen untuk memproses pendidikannnya selama 1 tahun akademik kedepan. Salah satu muatan utama yang diminta adalah untuk menggenapi tagihan utama minimal dalam standar nasional pendidikan yang sudah diterapkan dalam Permendikbud nomor 44 tahun 2015 bahwasannya standar minimal yang harus dipenuhi oleh dosen ketika akan melakukan proses belajar mengajar adalah menyusun rencana pembelajaran semester (RPS).

Mukhlas juga menyampaikan bahwa penyusunan RPS ini merupakan tagihan wajib karena sangat berpengaruh pada akreditasi tiap-tiap prodi. Beliau juga menyampaikan amanah yang diberikan oleh Rektor UNIMUDA Sorong pada kegiatan ini.

Pak Rektor menyampaikan bahwasanya hari ini beliau berangkat dan mengamanahkan kepada saya untuk membuka kegiatan worskhop kali ini, dan insyaa Allah beliau berdoa dan menyampaikan selamat juga semoga workshop yang dilalui bapak/ibu dosen dapat berjalan dengan optimal dan kemudian sesuai dengan target yang kita tuangkan bersama.” Tutupnya. (kdx)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 13 September 2021 | 15:04 pm

Tulis Komentar Anda