Investasi Pendidikan melalui CSR; PT. Henrison Inti Persada Kembali Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa di UNIMUDA Sorong πŸ‘οΈοΈ 1.229

By Nursalim Kamis, 21 Desember 2023 | 10:28 am Berita

Investasi Pendidikan melalui CSR; PT. Henrison Inti Persada Kembali Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa di UNIMUDA Sorong

UNIMUDA News | Dalam upaya mempererat hubungan dan mendukung pengembangan pendidikan di wilayahnya, PT Henrison Inti Persada (HIP) yang berlokasi di Distrik Klamono, Kabupaten Sorong. Yang diwakili oleh Bapak Jules Saragih Rumahorbo selaku Manager HRD PT. HIP yang didampingi oleh tim humas PT.HIP kembali melakukan kunjungan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah UNIMUDA Sorong, melalui pemberian beasiswa pendidikan kepada mahasiswa (21/12). Adapun ungkapan Manager HRD PT. HIP dalam sambutannya “Kunjungan kami dalam rangka memperkuat kerjasama dan silaturahmi serta mengenalkan lebih dekat PT.HIP terhadap Unimuda. Kunjungan kami yang kedua ini, dalam rangka memberikan bantuan beasiswa tahap kedua kepada mahasiswa Unimuda Sorong. Kami memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berada di Ring satu, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 6 orang, terutama program studi kependidikan.

Rektor Unimuda Sorong dalam sambutannya, menyambut baik program ini yang diarahkan untuk memberdayakan mahasiswa Papua. Ditekankan pula bahwa mayoritas mahasiswa Unimuda berasal dari Papua dan perusahaan-perusahaan perlu terlibat aktif dalam pendidikan untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan. Ia juga menyoroti tantangan pembiayaan yang dihadapi oleh sebagian besar mahasiswa Papua.

Dalam sambutanya “Program ini sangat tepat, mahasiswa kami rata-rata anak Papua,, dan kami senantiasa memberdayakan (empowering). Setiap acara kami selalu melibatkan anak Papua, sampai Pak Kepala LLDIKTI menyampaikan bahwa UNIMUDA ini telah memPAPUAkan Indonesia dan MengINDONESIAkan Papua. Sebagian besar anak-anak terkendala dalam pembiayaan. Dengan adanya regulasi yang ketat di kementerian, kita tidak bisa memberikan pemerataan. Kehadiran PT.HIP sangat strategis, karena pemberian beasiswa bagian dari investasi pendidikan, sehingga mahasiswa nanti kembali membangun kampungnya. Banyak anak-anak Papua yang dilibatkan aktif dalam pengelolaan perusahaan”.

Menurut Rektor, sinergi antara perusahaan dan kepala kampung sangatlah penting dalam mengarahkan program studi lanjutan yang mendukung keberlanjutan perusahaan. Hal ini diharapkan akan membawa mahasiswa Papua ke tingkat karier yang lebih tinggi di masa depan.

Perusahaan-perusahaan perlu bersinergi dengan Kepala Kampung untuk program studi lanjut yang menunjang keberlanjutan perusahaan. Sehingga anak-anak Papua nanti ke depan bisa masuk pada level Staff hingga Manager. Community Relation menjadi sangat penting, maka perusahaan akan eksis di komunitasnya. Mahasiswa juga akan membawa nama baik perusahaan, dan kuliah dengan baik-baik. Orang tua dan keluarga harus tau, sehingga akan memberikan dampak baik terhadap perusahaan. Kami ucapkan Terimakasih atas sinerginya dan nanti bisa dikelola sebaik-baiknya, anak-anak lebih tenang dalam belajar, lulus tepat waktu dan bisa melanjutkan ke Program Profesi maupun ke jenjang Magister” Imbuhnya.

 

Mahasiswa yang menjadi penerima beasiswa menyampaikan rasa terima kasih. Mereka, yang mayoritas merupakan anak asli Papua dari berbagai program studi seperti bahasa Indonesia, PPKN, dan Pendidikan Jasmani, menyampaikan harapan agar PT HIP terus berjaya dan memberikan kontribusi positif bagi tanah Papua. Adapun ungkapan dari salah satu penerima beasiswa  “Perkenalkan saya Marta Malak prodi PPKN asal Moi Maladofok, saya mendapat beasiswa dari PT. Hendrison Inti Persada, terimakasih banyak, dan semoga PT. HIP semakin maju dan jaya selalu”.  Dari enam mahasiwa yang hadir satu diantaranya telah menyelesaikan kuliahnya pada tanggal 18 desember 2023 yang merupakan beasiswa dari PT. HIP. 

Manager HRD PT. HIP juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor Unimuda atas kesempatan yang diberikan untuk menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa. Mereka menekankan pentingnya memanfaatkan beasiswa dengan baik sebagai harapan bagi kemajuan tanah Papua. Kerjasama antara perguruan tinggi dan unit usaha dianggap penting dalam menciptakan sumber daya manusia unggul yang siap berkontribusi di dunia usaha.

Baik terimakasih pak rektor, kami dari PT. HIP mengucapkan terimakasih kepada Pak Rektor yang telah menyempatkan waktunya bersama kami untuk menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah di unimuda, ini salah satu kepedulian perusahaan Pak Rektor. sosial kemasyarakatan di lingkungan kami yang mengacu pada produktifitas perusaaan kami. Untuk adek-adek juga manfaatkan beasiswa ini sebaik-baiknya dengan cara belajar dengan baik karena kalianlah harapan dari tanah Papua ini untuk memajukan tanah Papua ini. Ini salah satu bentuk corporate social responbility. Perusahaan sangat membutuhkan kerjasama untuk menciptakan SDM-SDM yang unggul yang siap berkarya di dunia usaha” Tutup Pak Saragih.

Semoga langkah ini menjadi inspirasi bagi pihak-pihak lain untuk terlibat aktif dalam memberdayakan pendidikan dan mendorong kemajuan di wilayah ini. Melalui sinergi antara dunia pendidikan, perusahaan, dan komunitas, kita dapat menciptakan perubahan yang lebih besar dan berkelanjutan bagi masa depan yang lebih cerah bagi generasi Papua mendatang. (UMF)

By Nursalim Kamis, 21 Desember 2023 | 10:28 am

Tulis Komentar Anda