Jokowi Groundbreaking RS PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong, Puji Konsep Integrasi 👁️️ 2.246

By Shafira Aulia Salsabilla Jumat, 24 November 2023 | 14:15 pm Berita

Jokowi Groundbreaking RS PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong, Puji Konsep Integrasi

UNIMUDANews | Presiden Joko Widodo resmi melakukan Groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong pada Jumat, (24/12/2023) sebagai bagian dari kunjungannya di Tanah Papua. Sebelumnya, beliau telah mengunjungi beberapa lokasi di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

Tiba pukul 13.15 WIT, Presiden Joko Widodo hadir bersama Menteri Sekretaris Negara, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Rektor UNIMUDA Sorong, serta pejabat daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi konsep integrasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong.

“Rumah sakit ini saya lihat, ini adalah rumah sakit yang terintegrasi, ada rumah sakit, hotel, mall, saya melihat belum pernah ada Amal Usaha Muhammadiyah yang menggabungkan konsep integrasi ini, dan ini yang pertama kali, ada di Sorong” ujar Jokowi.

Pembangunan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong diharapkan selesai pada tahun 2024 dengan dukungan APBN. Presiden Jokowi menegaskan akan mengirim tim untuk memastikan pencapaian target ini.

"Dana yang diperlukan sebesar 256 miliar. Saya telah berjanji kepada ketua PP Muhaamdiyah untuk mengirim tim Kementerian PU, agar pembangunan ini segera dikerjakan dan diselesaikan tahun depan," kata Jokowi.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian kuis dan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. Maria Guretty Alatubir dari Program Studi Agribisnis dan Apia Renwarin dari Program Studi Pendidikan IPA menjadi dua mahasiswa beruntung yang mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Republik Indonesia.

Groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong ini menjadi kado istimewa bagi Persyarikan Muhammadiyah yang baru saja merayakan Milad ke-111 pada tanggal 18 November 2023. Hadirnya Rumah Sakit di Tanah Papua ini juga merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mewujudkan visi “Indonesia Maju”, melalui pemerataan pembangunan yang bukan Jawa-sentris, tetapi Indonesia-sentris.

Melalui kerjasama antara pemerintah, Persyarikan Muhammadiyah, dan UNIMUDA Sorong, pembangunan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong diharapkan menjadi tonggak penting dalam penyediaan pelayanan kesehatan merata dan berkualitas bagi penduduk di Wilayah Timur Indonesia.

Reporter & Penyunting: EPR, SHS, VK

By Shafira Aulia Salsabilla Jumat, 24 November 2023 | 14:15 pm

Tulis Komentar Anda