Kado Milad 111 Muhammadiyah, Presiden Jokowi Berikan Rumah Sakit di UNIMUDA Sorong 👁️️ 2.018

By Shafira Aulia Salsabilla Jumat, 24 November 2023 | 14:48 pm Berita

Kado Milad 111 Muhammadiyah, Presiden Jokowi Berikan Rumah Sakit di UNIMUDA Sorong

UNIMUDANews | Groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong menjadi hadiah istimewa untuk Persyarikatan Muhammadiyah yang baru saja merayakan Milad ke-111 pada tanggal 18 November 2023. Acara ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada (24/11/2023) sebagai bagian dari kunjungannya di Tanah Papua. Sebelumnya, beliau telah mengunjungi sejumlah lokasi di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

Presiden Joko Widodo hadir bersama Menteri Sekretaris Negara, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Rektor UNIMUDA Sorong, dan pejabat daerah lainnya.

Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. K. H. Haedar Nashir, M.Si., dalam laporannya, mengisahkan perjuangannya untuk pembangunan Rumah Sakit ini.

“Hari ini menjadi tonggak bagi Persyarikatan Muhammadiyah di Papua. Kami sangat ingin memiliki Rumah Sakit di Papua. Setelah bertemu dengan Presiden, beliau setuju untuk membangun Rumah Sakit ini. Inilah Rumah Sakit yang dibangun oleh Presiden melalui Muhammadiyah untuk Masyarakat Papua,” ujar Haedar.

Haedar Nashir juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas nama Persyarikatan Muhammadiyah kepada Presiden Joko Widodo.

“Kami hanya menjadi perantara, jembatan untuk berkontribusi bagi kesehatan bangsa, yang berasal dari tangan Presiden Republik Indonesia. Oleh karena itu, ini adalah tonggak sejarah yang sangat penting bagi kami. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Joko Widodo,” ujar Haedar.

Haedar juga memperkenalkan Kampus UNIMUDA Sorong kepada Presiden Jokowi sebagai salah satu dari empat Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Tanah Papua yang menerapkan konsep multikultural. UNIMUDA Sorong juga disebut sebagai Kampus "Krismuha" atau Kristen Muhammadiyah dengan 70% Mahasiswanya merupakan Orang Asli Papua dan beragama Kristen.

Lebih dari itu, program terbaru yang diperkenalkan oleh Jokowi dari Papua Nugini, yaitu pemberian Beasiswa bagi Mahasiswa Papua Nugini, telah dijalankan dan dipelopori oleh UNIMUDA Sorong yang sebelumnya telah memberikan beasiswa kepada 10 Mahasiswa Papua Nugini untuk menempuh pendidikan di Kampus UNIMUDA Sorong

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong dibangun di lahan seluas 3 hektar, terletak di Jalan Mariat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Kawasan ini terdiri dari fasilitas rumah sakit, hotel/pusat perbelanjaan, dan pengembangan gedung pendidikan Fakultas Kedokteran. Pembangunan tahap awal Rumah Sakit ini ditargetkan selesai pada tahun 2024 dengan dukungan APBN. Fasilitas utama mencakup 100 tempat tidur, Ruang IGD-ICU, Poliklinik, Kamar Operasi, dan Fasilitas Pendidikan. 

Reporter & Penyunting: EPR, SHS, VK

By Shafira Aulia Salsabilla Jumat, 24 November 2023 | 14:48 pm

Tulis Komentar Anda