Kerjasama dengan UM Malang, UNIMUDA adakan Sertifikasi Bio Teknologi Khusus Kultur Jaringan 👁️️ 307

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Kamis, 02 September 2021 | 11:05 am Berita

Kerjasama dengan UM Malang, UNIMUDA adakan Sertifikasi Bio Teknologi Khusus Kultur Jaringan

UNIMUDANews | Profesi dosen merupakan suatu tenaga profesional dibidang tertentu. Seorang tenaga profesional harus memiliki pengakuan dari negara ataupun sertfikasi yang dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). UNIMUDA Sorong melakukan Pelatihan Sertifikasi Kultur Jaringan yang merupakan salah satu mata kuliah yang ada di Pendidikan Biologi dan merupakan bagian dari Bio Teknologi.

Wakil Rektor III Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Bapak Sirojjuddin, M.Pd,. mengatakan dengan adanya sertifikasi Bio Teknologi Khusus Kultur Jaringan ini, para dosen maupun mahasiswa dapat membudidayakan tanaman-tanaman Endemic dengan skala yang sangat banyak.

“….artinya kita akan bisa membudidayakan dengan menggunakan jaringan-jaringan pada tumbuhan dan tidak perlu lagi kita melakukan pembibitan dari biji, tunas, ataupun dari stek dan sebagainya, tapi kita mengambil khusus dari jaringan. Sehingga untuk pembibitannya kita bisa menghasilkan yang namanya paten-paten tanaman atau tanaman yang endemic Papua yang dipatenkan sehingga UNIMUDA Sorong menjadi lebih terkenal.” Tuturnya.

Pelaksanaan sertifikasi ini telah berjalan mulai 30 Agustus lalu hingga 11 September 2021 mendatang. Melalui proses seleksi yang telah dilakukan oleh tim ahli, dari 7 dosen Pendidikan Biologi terdapat 2 dosen yang lolos seleksi dalam kegiatan sertifikasi tersebut. UNIMUDA Sorong juga melibatkan tim ahli yaitu Kepala Pusat Pengembangan Bio Teknologi UM Malang.

Dalam hal ini, para dosen tersebut diberikan bekal berupa sosialisasi mengenai bio teknologi, manfaat bio teknologi, dan sejenisnya. Melalui kurun waktu selama dua minggu para dosen melakukan pelatihan tentang bio teknologi, khususnya kultur jaringan. Kemudian dalam kurun waktu seminggu, para dosen melakukan tes sertifikasi di Singosari.

Bapak Sirojjuddin, M.Pd., juga berharap nantinya di UNIMUDA Sorong terdapat satu Laboratorium Bio Teknologi yang membahas Kultur Jaringan.

“….karena di tanah Papua belum ada yang namanya Laboratorium Bio Teknologi. Kalau ada lab bio teknologi di UNIMUDA Sorong berarti UNIMUDA Sorong merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi yang bisa mendatangkan atau bisa menghadirkan Laboratorium Bio Teknologi di tanah Papua dan manfaatnya adalah kita bisa membudidayakan tanaman apa saja, bukan dengan cara konveksional tapi dengan cara bio teknologi yang mengambil dari jaringan-jaringan tumbuhan sehingga dibudidayakan menjadi sangat pesat perkembangannya.” Sambungnya.

Dengan adanya tenaga yang handal dalam bidang bio teknologi, UNIMUDA Sorong dapat mengembangkan berbagai tanaman yang ada di tanah Papua.

“….banyak sekali tanaman-tanaman ynag hampir punah dan ditakutkan anak cucu kita tidak bisa melihat bagaimana pohon matoa, bagaimana pohon sagu dan lain sebagainya. Artinya kita perlu kultur jaringan dan kita perlu patenkan. Kita tidak menutup kemungkinan bahwasanya ada tanaman-tanaman yang khas, yang bisa kita budidayakan secara massal, tidak usah repot-repot, tapi sangat mudah untuk kita budayakan dengan menggunakan media kultur jaringan.” Tutupnya. (rsk)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Kamis, 02 September 2021 | 11:05 am

Tulis Komentar Anda