Kerjasama Diktilitbang dan Telkomsat: UNIMUDA Sorong Jadi Mitra Pertama Pemasangan Satelit untuk PTMA ๐Ÿ‘๏ธ๏ธ 298

By Nursalim Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:19 pm Berita

Kerjasama Diktilitbang dan Telkomsat: UNIMUDA Sorong Jadi Mitra Pertama Pemasangan Satelit untuk PTMA

UNIMUDA News | Kegiatan bimbingan teknis diadakan di Meeting Room Rektorat Universitas Pendidikan Muhammadiyah UNIMUDA Sorong pada tanggal 18 Mei 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Majelis Diktilitbang PP Muhamamdiyah yaitu Ir. Bambang Sutrisno, M.M., Horo Wahyudi, S.H., dan Dr. Eng. Muhammad Kunta Biddinika, M. Eng., juga rombongan Tim Telkomsat. Serta dihadiri dari beberapa lembaga UNIMUDA diantaranya kepala sarana dan prasarana beserta tim, lembaga ekonomi usaha produktif dan tim, serta lembaga kepala pusat data informasi beserta tim yang akan bertanggung jawab dalam mengelola satelit yang akan diterapkan.

Sambutan pembuka, Wakil Rektor 5, Pak Sirojuddin, mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama dengan Telkomsat yang membawa anugerah bagi UNIMUDA Sorong. Jaringan yang akan dibangun diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh mahasiswa UNIMUDA Sorong dalam mendukung kegiatan akademik. "Saat ini UNIMUDA Sorong mendapatkan anugerah dari kegiatan Telkomsat, dimana jaringan ini nantinya akan digunakan untuk seluruh mahasiswa UNIMUDA Sorong," ujar Pak Sirojuddin dalam sambutannya.

Perwakilan Persyarikatan Muhammadiyah (PP Muhammadiyah), Ir. Bambang Sutrisno, M.M., juga memberikan sambutan yang penuh semangat. Beliau menjelaskan bahwa kerjasama antara PP Muhammadiyah dengan PT. Telkomsat Indonesia menjadi langkah strategis dalam meningkatkan akses internet bagi semua perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah di Indonesia. Proyek ini tidak hanya sekadar membangun infrastruktur teknologi, tetapi juga mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

"Kerjasama ini sangat strategis, dimana kita ingin agar semua perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah bisa mendapatkan akses yang lebih luas dari kapasitas dan komunikasi khususnya dari internet," papar Ir. Bambang Sutrisno M.M. Beliau juga mengatakan bahwa pentingnya teknologi satelit dalam mendukung komunikasi di wilayah Indonesia yang luas dan beragam.

Telkomsat hadir dengan tim teknisi yang siap memberikan pelatihan secara langsung kepada pihak UNIMUDA Sorong untuk memasang, merawat, dan memperbaiki peralatan satelit tersebut. Langkah ini akan memberikan akses internet yang lebih luas bagi mahasiswa dan juga di lingkungan kampus.

Prof Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, dalam amanat yang diberikan pada penandatanganan kerja sama antara Majelis Diktilitbang PPM dengan Telkom Satelit (Telkomsat) Indonesia, yang berlangsung di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) (20/05/24). Kerja sama ini bertujuan untuk memperluas aksesibilitas telekomunikasi bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) terutama di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T).

Dr. Rustamadji, M. Si., Rektor Unimuda, menyadari bahwa kesulitan jaringan dan akses teknologi masih menjadi hambatan utama di wilayah timur Indonesia. Dengan kehadiran satelit ini, Unimuda berharap dapat menjembatani kesenjangan teknologi dan memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa. “Meskipun demikian, Unimuda tidak mau tertinggal dan menjadikan itu sebagai hambatan. Kita harus maju dan sama kualitasnya dengan kampus di Jawa. Tentunya, satelit ini membuka peluang besar untuk Unimuda,” paparnya.

Melalui kerjasama antara UNIMUDA Sorong, PP Muhammadiyah, dan Telkomsat, diharapkan bahwa ke depannya jaringan Telkomsat akan terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih luas dalam mendukung pendidikan dan kemajuan teknologi di Papua Barat Daya. (UMF)

By Nursalim Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:19 pm

Tulis Komentar Anda