Ketua DPD RI Tumbuhkan 5 Semangat Generasi Muda di UNIMUDA Sorong 👁️️ 490

By Aswitha Sari Suprihathin Selasa, 02 Februari 2021 | 08:33 am Berita

Ketua DPD RI Tumbuhkan 5 Semangat Generasi Muda di UNIMUDA Sorong

UNIMUDANEWS | La Nyalla Mahmud Mattalitti yang juga adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia kemarin (1/2/21) di Kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong memberikan Kuliah Umum kepada seluruh sivitas akademika UNIMUDA Sorong. Kuliah yang diselenggarakan di Pulau UNIMUDA tersebut diselenggaakan secara live dan juga virtual mengingat kondisi masih dalam masa pandemic.

Ketua DPD RI itu mengisi kuliah umum bertema “The Power of Young Generation”. Generasi muda diharapkan bisa memberikan perubahan sekaligus menjawab tantangan zaman yang sedang dihadapi. Kepada para generasi muda Papua Barat, Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyampaikan 5 Semangat yang bisa dijadikan acuan untuk menghadirkan perubahan.

Dirinya menyampaikan jika generasi muda harus bisa menjadi kekuatan untuk menjawab tantangan zaman. “Untuk menjawab tantangan itu, saya ingin menyampaikan Lima Semangat yang harus dimiliki pemuda Indonesia,” tuturnya.

5 Semangat tersebut adalah semangat untuk melakukan perubahan, semangat untuk melakukan pembangunan, semangat melakukan terobosan dan modernisasi, semangat menjalani pendidikan, dan semangat pantang menyerah.

Kelima semangat itu mutlak harus dimiliki oleh mahasiswa. Karena Anda semua adalah generasi penerus bangsa. Sekaligus harapan dan tumpuan Indonesia di masa depan,” katanya.

Ditambahkan juga bahwa 5 Semangat itu akan membuat generasi muda lebih kompetitif dalam persaingan.

Apalagi di masa seperti saat ini. Semua bangsa berlomba untuk mampu bertahan di tengah ancaman krisis global sebagai dampak langsung dari pandemi Covid, dan dengan 5 Semangat itu, generasi muda kita harapkan dapat menghadirkan solusi dan membawa bangsa keluar dari masa sulit,” ujarnya.

Ketua DPD RI dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Menurutnya, kampus ini mengalami perkembangan menggembirakan. Bahkan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menjadi perguruan tinggi terbesar dan terbaik di wilayah timur Indonesia, berdasarkan klasterisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019. Bagi La Nyalla hal ini adalah prestasi yang membanggakan.

Dan yang membuat saya lebih gembira adalah informasi bahwa 80 persen mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong adalah mahasiswa asli Papua. Inilah wujud inklusivitas pendidikan sebagai gerakan peradaban Muhammadiyah yang berkemajuan,” ungkap Ketua DPD RI.

Kedatangan La Nyalla beserta rombongan Senator RI, disambut gembira Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si yang menilai kunjungan Ketua DPD RI sangat luar biasa.

Terima kasih sudah berkunjung di kampus kami. Tentunya kami sangat bahagia atas kunjungan ini karena sangat luar biasa bagi dan mahasiswa-mahasiswi di sini,” ucapnya.

Rektor UNIMUDA Sorong juga berharap pemerintah pusat bisa memberikan peluang kepada para lulusan dari kampus UNIMUDA untuk dapat berkarya dalam rangka membangun negeri yang cercinta ini.

Kami sangat berharap pemerintah pusat bisa memberikan peluang-peluang bagi anak-anak kami dari tanah Papua, khususnya lulusan dari kampus ini agar mereka juga bisa berkarya untuk negeri ini,”  harap Rektor.

Menurutnya, UNIMUDA adalah salah satu kampus yang melahirkan bibit sumber daya manusia dengan persentase terbaik di Provinsi Papua Barat. UNIMUDA juga sangat dikenal sebagai kampus wisata yang memiliki berbagai program studi menarik yang ada di 3 fakultas. [ds]

By Aswitha Sari Suprihathin Selasa, 02 Februari 2021 | 08:33 am

Tulis Komentar Anda