LP3M UNIMUDA Sorong Fokus pada Publikasi Internasional - Aktualisasi melalui Bimtek 👁️️ 550

By Nursalim Sabtu, 02 Maret 2024 | 15:07 pm Berita

LP3M UNIMUDA Sorong Fokus pada Publikasi Internasional - Aktualisasi melalui Bimtek

UNIMUDA News | Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi para dosen di lingkup UNIMUDA. Pelatihan bertajuk "Pelatihan Menulis dan Publikasi Artikel Ilmiah Menggunakan Analisis Bibliometrik" dilaksanakan pada hari Jumat di gedung UCC Pascasarjana yang dihadiri oleh 51 dosen UNIMUDA Sorong (01/03).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Suparman, M.Si., DEA dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebagai pemateri utama. Prof. Suparman memberikan wawasan mendalam tentang analisis bibliometrik, termasuk pengenalan terhadap berbagai tools analisis bibliometrik seperti VOSviewer, Publish or Perish (POP), dimensions, dan Mendeley. Pada pelatihan tersebut, peserta tidak hanya mendengarkan teori, tetapi juga langsung mempraktekkan apa yang dijelaskan oleh pemateri.

Kegiatan pelatihan secara garis besar yaitu pelatihan analisis bibliometrik dan pelatihan menulis artikel ilmiah dan publikasi. Peserta diberikan panduan mulai dari penentuan judul artikel hingga tahapan penarikan kesimpulan. Penggunaan aplikasi Mendeley untuk penyusunan daftar pustaka dan sitasi juga menjadi fokus dalam membimbing peserta. Prof. Suparman memberikan tips berharga dalam memilih artikel dan jurnal untuk tujuan publikasi internasional scopus, sambil memberikan saran terkait jurnal-jurnal yang cocok untuk publikasi di tingkat nasional.

Dalam pernyataannya, Kepala LP3M UNIMUDA Sorong, Hendra Sudirman, menyampaikan harapannya terkait keberlanjutan dari kegiatan pelatihan ini. "Kami dengan Prof. Suparman sama-sama berkomitmen untuk menindaklanjuti kegiatan pelatihan ini. Jadi, tidak hanya sampai disini nanti akan tetap ada pertemuan dengan prof nya antara peserta dengan prof itu secara online untuk memantau sudah sejauh mana perkembangan dari para peserta. Tujuannya untuk memastikan bahwa pelatihan ini tidak hanya berakhir kemarin di sesi pelatihan saja tetapi berlanjut secara mandiri yang kemudian nanti akan dibantu oleh Prof nya pembimbingan secara online," ujar Hendra Sudirman.

Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah publikasi artikel ilmiah dalam jurnal-jurnal terkemuka, dengan fokus utama pada jurnal internasional. "Harapan kami adalah bahwa dari pelatihan ini luaran yang kita targetkan itu benar-benar bisa tercapai. Kita bisa mempublikasikan artikel ilmiah baik di jurnal nasional maupun internasional. Tapi target utama kita adalah jurnal internasional," tambahnya.

Dengan semangat berlanjutnya bimbingan online, LP3M UNIMUDA Sorong percaya bahwa pelatihan ini tidak hanya menjadi titik awal peningkatan kualitas penelitian dan publikasi di lingkungan UNIMUDA Sorong, tetapi juga kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan reputasi universitas ini di dunia ilmiah. (UMF)  

By Nursalim Sabtu, 02 Maret 2024 | 15:07 pm

Tulis Komentar Anda