Mahasiswa FST dan FISHUM Tahun ini siap Terjun PKL 👁️️ 419

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Jumat, 10 September 2021 | 14:22 pm Berita

Mahasiswa FST dan FISHUM Tahun ini siap Terjun PKL

UNIMUDANews | Jelang pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong siapkan mahasiswa melalui pembekalan pada Jum’at (10/9/21).

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk penerapan tinggi berbasis kompetensi yang boasa diterapkan sebagai salah satu persyaratan atau bagian dalam perkuliahan. Secara umum praktik ini dapat diikuti oleh mahasiswa dengan syarat telah memenuli jumlah SKS yang telah ditentukan oleh kampus.

Praktik ini adalah bentuk dari implementasi keilmuan dnegan praktik nyata dalam dunia usaha atau dunia organisasi. Praktek ini terwujud dalam penempatan mahasiswa secara langsung secara operasional perusahaan atau instansi yang menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan praktik tersebut.

Adapun manfaat dalam pelaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa terhadap program kerja yang akan dilaksanakan, mendorong mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan analitis, serta banyak manfaat lainnya. Praktik ini juga dilaksanakan sebagai sarana pendukung untuk membentuk soft skill dan hard skill mahasiswa.

Rektor UNIMUDA Sorog, Dr. Rustamadji, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya PKL yang diadakan oleh FISHUM dan FST. Beliau menyampaikan bahwa hari ini UNIMUDA Sorong mencatat sejarah baru karena ini adalah Praktek Kerja Lapangan yang pertama kali digelar oleh UNIMUDA Sorong.

hari ini tercatat sejarah baru karena kita meluncurkan praktek kerja lapangan yang pertama untuk FISHUM dan FST. Tentu saja ini berbeda dengan yang lain karena ini akan memberikan kesan dalam sejarah karena kalian-kalian ini adalah yang pertama melakukan PKL di UNIMUDA Sorong untuk FISHUM dan FST selain dari FKIP. Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan PKL ini.” Ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan beberapa nasihat dan motivasi kepada mahasiswa bahwa selama pelaksaan PKL nanti mahasiswa diminta untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Beliau menekankan bahwa mahasiswa harus meningkatkan dan menerapkan soft skill yang dimiliki karena yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan nantinya adalah soft skill yang paling utama sisanya adalah akademik.

...karena kita ini tidak berada di ruangan hampa, yang didalamnya terdapat lingkungan dan masyarakat dengan berbagai macam karakter dan sebaginya maka yg saya tekankan adalah soft skill. Kalau kemampuan akademik itu nomor kesekianlah, saya lebih memerlukan 95% orang yang taat dan 5% dengan kemampuan akademik, jangan dibalik. Jadi mahasiswa nanti harus menerapkan dan meningkatkan soft skill yang dimiliki karena yang dibutuhkan saat ini adalah soft skill dan lainnya adalah akademik.” Sambungnya.

Adapun penjelasan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) selaku Penanggungjawab dari kegiatan ini, Bapak Yusup Sopian, S.Pt., M.Sc. mengatakan bahwa pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) periode tahun ini dilaksanakan secara bersamaan antara FISHUM dan FST guna memaksimalkan waktu yang ada sehingga dilaksanakan bersamaan. Setiap Fakultas telah menyiapkan lokasi-lokasi khusus sesuai dengan program studi yang ada.

untuk pelaksanaan pembekalan ini dilakukan agar memaksimaklkan waktu yang ada sehingga dilaksanakan bersamaan mengingat PKL periode tahun ini hanya ada di FISHUM dan FST adapun pelaksanan Magang 3 yang diadakan oleh FKIP, sehingga pada pelaksanaannya kita lepas secara bersama-sama, dan setiap fakultas juga telah mempersiapkan lokasi-lokasi khusus sesuai dengan program studi yang ada.” Jelasnya.

Pak Yusup juga menyampaikan bahwa pada pelaksanaan kegiatan ini Fakultas telah melakukan kerjasama dengan beberapa dinas, perusahaan, balai perikanan, apotik serta tempat-tempat lain yang relevan dengan program studi yang ada. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 39 mahasiswa dari 1 program studi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) dan 5 program studi yang ada di bawah Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Beliau juga menyampaikan harapannya terhadap program Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk mahasiswa agar dapat mempelajari bidang keilmuannya di lapangan dan dapat melihat gap antara di ruang kuliah dan di industri seperti apa sehingga nanti setelah kembali ke kampus  mereka bisa lebih berkembang. (kdx)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Jumat, 10 September 2021 | 14:22 pm

Tulis Komentar Anda