Mahasiswa UNIMUDA kembali Ukir Prestasi Lolos pada 5th Bali Democracy Student Forum 👁️️ 193

By d.sudibyo Selasa, 23 November 2021 | 21:42 pm Berita

Mahasiswa UNIMUDA kembali Ukir Prestasi Lolos pada 5th Bali Democracy Student Forum

UNIMUDANews | Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong kembali mengukir prestasi dari mahasiswanya yang berhasil lolos dalam 5th Bali Democracy Student Forum yang di selenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Setelah melalui beberapa seleksi akhirnya salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dinyatakan lolos seleksi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan konversi internasional yang dihadiri oleh pemuda/i dari seluruh penjuru Asia Pasifik salah satunya Indonesia. Kegiatan ini adalah yang ke-5 kalinya diselenggarakan sejek tahun 2017 dan akan dilaksanakan secara hybrid yaitu secara online pada tanggal 19 November dan juga secara offline pada tanggal 9 Desember dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Syarat untuk lolos menjadi peserta pada Democracy Student Forum ini adalah dengan diharuskan membuat video yang berisi perkenalan singkat dan juga personal steatment terkait dua tema yaitu social inclusivity dan sustainable economic recovery dan juga membuat essay berdasarkan tema yang berbicara terkait peran pemuda. Peserta yang sesuai dengan persyaratan yang berlaku maka dinyatakan lolos menjadi peserta.

Sejauh ini peserta yang berhasil lolos dari Provinsi Papua Barat yaitu Muhammad Luthfi Dzulfikar, mahasiwa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

“Kalau di Papua Barat sendiri, saya melihat baru satu orang yang lolos karena di pengumumannya tidak dicantumkan perprovinsi, tetapi langsung pertemanya, Alhamdulillah saya lolos dengan tema sosial inclusifitas karena saya mengambil tema tersebut” Ungkap Luthfi.

“Harapan dari kegiatan ini sih yaitu semoga bisa saling transfer dan membagikan ilmu antara peserta yang dimana pesertanya kan lintas negara kan karena ini Asia Pasifik, dan ini adalah kali pertama saya untuk mengikuti kegiatan seperti ini.” Sambungnya.

Luthfi juga mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian yang berhasil ia raih saat ini.

“kegiatan ini sangat luar biasa juga karena ini adalah kegiatan konversi pertama saya langsung bertaraf internasional dan sesuatu yang luar biasa bagi saya.” Tambahnya.

Tujuan utama dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menghasilkan forum dari pemuda/i yang berasal dari berbagai negara yang berbeda yang ada di Asia Pasifik dan juga latar belakang yang berbeda untuk berdiskusi terkait isu yang berkaitan dengan demokrasi dengan tema yang telah ditetapkan, untuk saling mentransfer dan membagikan ilmu saat konvrensi berlangsung, dan juga untuk mendapatkan masukan, saran dan juga ide-ide serta gagasan baru yang mana dapat diterapkan di daerah masing-masing agar bisa berkembang lebih baik lagi. (lp)

By d.sudibyo Selasa, 23 November 2021 | 21:42 pm

Tulis Komentar Anda