Menunjang Soft Skill Mahasiswa PTI, UNIMUDA Sorong Adakan Praktik Industri 👁️️ 426

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Selasa, 07 September 2021 | 12:53 pm Berita

Menunjang Soft Skill Mahasiswa PTI, UNIMUDA Sorong Adakan Praktik Industri

UNIMUDANews | Program studi Teknik Informasi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong adalah program studi yang memiliki dua luaran diantaranya yaitu, pendidikan dan soft skill. Untuk menunjang soft skill tersebut, UNIMUDA Sorong mengadakan program praktik industri mahasiswa Teknik Informasi (TI). Program Praktek Industri TI ini merupakan program yang sangat wajib pada program studi keteknikan.

Mahasiswa yang diberangkatkan adalah mahasiswa semester 4 dan 6, diantaranya adalah angkatan 2018 dan angkatan 2019. Melalui beberapa seleksi yang telah dilakukan, 16 dari 35 mahasiswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan berhasil lolos seleksi. Para mahasiswa yang diberangkatkan benar-benar difasilitasi oleh pihak kampus dan pihak yang bekerja sama dengan program praktik industri tersebut.

Para mahasiswa telah diberangkatkan pada Jumat, 20 Agustus 2021 dan akan dipulangkan kembali setelah tiga bulan kedepan. Bekerjasama dengan 4 CV sebagai mitra yang sudah tidak diragukan lagi di Makasar, mahasiswa TI ini dilatih langsung oleh para pengembang CV tersebut.

Dengan diadakannya praktik industri ini, mahasiswa TI dapat mengimplementasikan ilmu teoritik maupun praktik ke luar kampus berdasarkan ilmu yang telah didapatkan dari dalam kampus. Selain itu, tujuan dari program praktik industri TI ini adalah agar para mahasiswa dapat menambah relasi untuk mencari tempat kerja setelah lulus.

Ketua pelaksana program praktik industri TI Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, bapak Firman, M.Pd.,  juga mengatakan bahwa tujuan lain dari program praktik industri ini adalah agar mahasiswa dapat melihat dunia luar.

“Nah untuk tujuan ketiga adalah bagaimana para mahasiswa dapat melihat dunia luar, yaitu melihat selain dari dunia sisi pandangan kampus. Karena kan kalau dari dunia kampus hanya dilihat bagaimana mendapatkan nilai. Nah kalau di dunia industri, mahasiswa akan belajar bagaimana mendapatkan, mengolah jasanya, mengolah kemampuannya untuk mendapatkan profit.” Ungkapnya.

Praktik industri TI ini memiliki hitungan 1 SKS, tetapi hal ini menjadi mata kuliah wajib untuk maju ke tahap proposal dan sebagainya. Dengan dibekali jurnal kegiatan, selain mendapat nilai dari tempat praktik industri mahasiswa juga akan mendapat nilai dari kampus dengan mempresentasikan hasil kegiatan praktik industri tersebut. Mahasiswa juga mendapat benefit berupa 2 sertifikat resmi. Beliau juga berharap bahwa dengan diadakannya praktik industri ini para mahasiswa dapat membuka sesuatu yang baru.

“….kami berharap ketika mahasiswa kembali, mereka juga bisa membuka sesuatu yang sama dengan apa yang telah didapatkan, kemudian diadopsi dengan nama yang baru untuk dikembangkan ke Sorong.” Tutupnya. (rsk)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Selasa, 07 September 2021 | 12:53 pm

Tulis Komentar Anda