MENWA Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong kini hadir Semakin Tangguh 👁️️ 138

By d.sudibyo Rabu, 24 November 2021 | 00:20 am Berita

MENWA Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong kini hadir Semakin Tangguh

UNIMUDANews | Dalam rangka membentuk kekuatan sipil pertahanan negeri di kalangan mahasiswa, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong meresmikan Resimen Mahasiswa Satuan 012/Surya Devananta UNIMUDA Sorong. Setelah 2 bulan lalu melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) Angkatan 1, hari ini Selasa (23/11) Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 012/Surya Devananta UNIMUDA Sorong resmi menggelar Penutupan Pendidikan Dasar (Diksar) yang dilaksanakan di Lapangan Khalid Bin Walid dengan diikuti oleh sebanyak 12 orang peserta.

Menjadi anggota Resimen Mahasiswa merupakan panggilan jiwa yang harus dilaksanakan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Kegiatan dilanjutkan dengan tradisi penyematan baret kepada Satuan 012/Surya Devananta yang telah mengikuti Pendidikan Dasar. Penyematan baret ini dilakukan sebagai tanda bahwa peserta Pendidikan Dasar (Diksar) ini telah resmi menjadi anggota Resimen Mahasiswa Indonesia yang ada di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Wakil Rektor 3, Sirrojjudin, M.Pd., yang pada kesempatan ini bertindak sebagai inspektur dalam Upacara Penutupan Pendidikan Dasar (Diksar) ini menyampaikan harapannya kepada Resimen Mahasiswa.

“Sangat besar harapan saya kepada Resimen Mahasiswa ini, salah satunya saya berharap agar kedepannya Menwa dapat mengikuti kegiatan-kegiatan lainnya bukan hanya kegiatan inti dari Menwa saja tetapi dapat mengikuti pengabdian masyarakat dan lain sebagainya. Harapan untuk kedepannya juga Menwa bisa mencari penerus atau regenerasi yang baru untuk tahun-tahun berikutnya sehingga UNIMUDA Sorong nantinya kedepan memiliki Menwa yang tangguh.” Ungkapnya.

Mariya Azis, M.H., selaku Pembina Resimen Mahasiswa mengungkapkan bahwa Resimen Mahasiswa di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong ini adalah yang pertama lahir dan namanya telah terdaftar di pusat.

“Jadi Resimen Mahasiswa ini merupakan angkatan pertama di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong yang telah resmi terdaftar di pusat dengan nama satuan Satuan 012/Surya Devananta, dan 12 orang yang telah disematkan baret ini telah resmi dapat dikatakan sebagai anggota satuan Resimen Mahasiswa Angkatan Pertama.” Jelasnya.

Menwa bukanlah militer, melainkan berada di bawah naungan TNI dan bekerja berdasarkan SKB 3 Menteri (Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri) : Menteri Pertahanan, Menteri Pendidikan Nasional, dan Menteri Dalam Negeri. Menwa juga merupakan komponen cadangan pertahanan negara. Bagi Menwa, Disiplin Adalah Harga Mati. (kdx) 

By d.sudibyo Rabu, 24 November 2021 | 00:20 am

Tulis Komentar Anda