PERSIAPAN ICOCIT-MUDA 2021 👁️️ 165

By Aswitha Sari Suprihathin Selasa, 04 Mei 2021 | 08:57 am Berita

PERSIAPAN ICOCIT-MUDA 2021

UNIMUDANEWS | International Conference On Science, Technologi and Multicultural Education ICOCIT-MUDA merupakan suatu forum Internasional bagi para peneliti, akademisi dan profesional baik dari Indonesia maupun mancanegara untuk mempresentasikan hasil penelitian atau inovasi yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dengan mengankat tema Innovation of science, technology and Multicultural Education in the New Normal Era yang akan berlangsung pada tannggal 15-17 Oktober 2021 di kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dan Pulau Raja Ampat.

“Berawal dari kedatangan prof. Dr. Harun Joko Prayitno sekitar akhir Desember 2017 beliau datang untuk mengisi seminar nasional penguatan kapasitas kelembaggan dan riset di kawasan timur Indonesia.”

“Setelah kegiatan tersebut saya, beliau dan beberapa rekan LP3M pada masa STKIP Muhammadiyah Sorong kami menggagas adanya event lanjutan yakni konverensi Internasional.”

“Setelah melewati diskusi yang panjang akhirnya muncullah nama ICOCIT-MUDA kemudian kami berusaha melakukan persiapan-persiapan dan didukung oleh Dr. Ismail Wege  yang langsung mendampingi kami yang kemudian akhirnya terbentuk panitia dan Alhamdulillah pada Juli 2019 ICICIT-MUDA yang pertama bisa diselenggarakan.” Penejelasan Anang Triyoso kepala LP3M UNIMUDA Sorong.

Lahirnya ICOCIT-MUDA ini tak lepas dari peran pentingnya Lembaga penelitian publikasi dan pengabdian kepada masyarakat.

“Peran LP3M menginisiasi lahirnya suatu forum pertemuan Ilmiah Internasional yang berada pada level institusi atau universitas yang mengakomodir setidaknya tiga bidang keilmuan dan juga bisa terintegrasi.” Tegas Anang Triyoso Kepala LP3M UNIMUDA Sorong.

Dalam forum ICOCIT-MUDA terbagi dalam tiga bidang penelitian dan inovasi yaitu Sains, Teknolgi dan Pendidikan Multikultural.

“Bidang yang diangkat pada ICOCIT-MUDA tahun 2021 meliputi Sains (biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Komputer Sains, dan Teknik Pembelajaran), Teknolgi (Komputer, Vidio, Audio dan cetak) dan Pendidikan Multikultural (Pendidikan Pluralisme Budaya, Etnis, Suku dan Agama).” Jelas Dr. Latifah saat diwawancarai.

Sebagai tuan Rumah ICOCIT-MUDA UNIMUDA Sorong berupaya untuk memaksimalkan pelayanan dengan menyiapkan keynote speakers terbaik dari berbagai negara.

“Kami sudah menyiapkan keynote speakers dari lima negara yaitu Jepang, Malaysia, Turkey, Australia, dan Thailand. Kemudian kami juga sedang menyusun proposal untuk sponsorship yang akan diajukan kepada RISTEK-BRIN maupun ke CSR-CSR perusahaan dan Menjalin komunikasi kerjasama dengan IOP Publishing sebagai media publish makalah  penelitian yang telah dipresentasikan secara proseding.” Tutur Dr. Latifah selaku ketua panitia ICOCIT-MUDA tahun 2021.

Mekanisme pelaksanaan ICOCIT-MUDA tahun 2021

  1. melakukan registrasi pada link yang diberikan panitia ICOCIT-MUDA.
  2. Submit Abstrak pada tanggal 1 Mei-30 June 2021
  3. Pemberitahuan penerimaan abstrak pada tanggal 5 Juli 2021
  4. Submit makalah pada tanggal 7 Juli-31 Agustus 2021
  5. Pembayaran 30 Juli- 5 Oktober 2021
  6. Event ICOCIT-MUDA 15-17 Oktober 2021

“Saat melakukan presentasi akan ada pararel class dan peserta tidak hanya mempresentasikan melalui oral akan tetapi dapat mempresentasikan makalah menggunakan poster. Sehingga ada d  ua bentuk presentasi dalam ICOCIT-MUDA yaitu poster dan oral presentation.”

Harapan “Semoga ICOCIT-MUDA ini benar-benar bisa menjadi wadah dalam hal pengembangan ilmu penegetahuan baik itu tentang sains, teknologi dan pendidikan multikultural. Terjalinnya kerjasama yang baik antar peserta maupun panitia dari berbagai negara, dan kita sebagai peserta dan panitia juga termotivasi untuk lebih banyak melakukan penelitian-penelitian yang hasil penelitiannya dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat...” harap Dr. Latifah selaku ketua panitia ICOCIT-MUDA tahun 2021.[AW/DS]

By Aswitha Sari Suprihathin Selasa, 04 Mei 2021 | 08:57 am

Tulis Komentar Anda