Perubahan UNIMUDA Sorong sangat Dahsyat : *Kesan Wakil Ketua LPCR dan Pembinaan Masjid PP Muhammadiyah dalam Kunjungan ketiganya di UNIMUDA Sorong 👁️️ 262

By Nursalim Sabtu, 25 Mei 2024 | 18:13 pm Berita

Perubahan UNIMUDA Sorong sangat Dahsyat : *Kesan Wakil Ketua LPCR dan Pembinaan Masjid PP Muhammadiyah dalam Kunjungan ketiganya di UNIMUDA Sorong

UNIMUDANews | Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Dr. H. M. Safar Nasir, M.Si.) berkunjung ke Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang ke tiga kalinya. Sebelumnya beliau (saat masih menjabat sebagai Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhamadiyah) berkunjung pada pelantikan Ketua STKIP Muhamamadiyah Sorong periode pertama di kampus lama (sekarang gedung dakwah PDM Kabupaten Sorong), dan juga pernah mendamping Prof. Malik Fajar (Alm), saat pelantikan Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong Periode ke tiga.

Dalam kunjungannya kali ini (24/05/2024), beliau disambut dengan hangat oleh Wakil Rektor IV, Wakil Rektor V, Sekretaris Universitas, serta beberapa pejabat struktural lainnya. Beliau merasa sangat bahagia dan takjub dengan perkembangan UNIMUDA Sorong yang sangat dahsyat. Saat itu beliau hanya diceritakan oleh Pak Rektor (Dr. Rustamadji, M.Si.) tentang hal-hal yang akan dilakukan ke depan, namun saat ini sudah menjadi kenyataan bahkan melebihi ekspektasi beliau. 

"Perkembangan UNIMUDA Sorong sangat Dahsyat, Luar Biasa, kami sangat bersyukur atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas Pak Rektor dan Jajarannya. Kebesaran ini harus terus dijaga agar menjadi amal usaha yang menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain. Pak Rektor yang telah merintis dan membesarkan UNIMUDA Sorong, harus segera menyiapkan kader untuk menjadi penerus beliau di masa yang akan datang. Beliau menekankan agar Sivitas UNIMUDA Sorong harus terus menjaga kerukunan, kekompakan, dan kekeluargaan agar tidak ada konflik. Karena jika terjadi konflik amal usaha akan sulit untuk maju. Semua yang terlibat dalam  membesarkan UNIMUDA Sorong harus hidup sejahtera lahir dan batin. Karena kalau megah dan hebat tapi tidak sejahtera lahir batin, percuma saja pembinaan AIK, Pengajian dan lain-lain. Jangan sampai seperti "Ayam Mati di Lumbung Padi" - UNIMUDA yang megah seperti ini jangan sampai cabang dan rantingnya tidak berkembang atau tidak hidup. Begitu juga sebaliknya, Cabang dan Ranting Muhammadiyah yang maju juga harus memperhatikan dan mendukung amal usahanya termasuk perguruan tinggi. Cabang dan Ranting Muhammadiyah di Sorong juga harus belajar dari Cabang dan Ranting di Luar Papua yang sudah maju, yang memiliki banyak amal usaha berupa rumah sakit, sekolah dan lain-lain.

Saat ini LPCR PP Muhammadiyah juga sedang mengembangkan pelatihan-pelatihan bagi marbot agar menjadikan Masjid Unggulan. Banyak contoh masjid dan cabang ranting berkembang dan mampu menghidupi persyarikatan. UNIMUDA Sorong harus terus memperhatikan cabang dan ranting, maju bersama persyarikatan. Karena wajah kita adalah persyarikatan. Cabang dan Ranting menjadi akar rumputnya persyarikatan di masyarakat, harus dikuatkan sehingga Persyarikatan akan kuat (ibarat Pohon, cabang dan ranting adalah akarnya).

Perguruan tinggi harus terus meningkatkan unit - unit usaha yang memiliki impact akademik dan ekonomi. Ini akan mendukung agar UNIMUDA Sorong menjadi Unggul. Dimulai dari Program Studi - Program Studi yang sudah siap Unggul. Kita perlu ada bidang tertentu yang harus diunggulkan, sehingga menjadi branding di nasional dan Internasional. Munculkan keunikan-keunikan yang mampu membuat UNIMUDA Unggul.

Kedepan UNIMUDA Sorong bisa menyiapkan kesejahteraan para Pendidik dan Tenaga kependidikannya baik melalui peningkatan gaji, tunjangan, dan jaminan hari tua yang bisa menopang kehidupan dosen dan karyawannya kalau nanti sudah pensiun. Sehingga tidak perlu berfikir lagi kemana-mana, bisa fokus dalam membesarkan UNIMUDA Sorong. Inshaa Allah kalau kita terus bekerja keras, kerja ikhlas ke depan kita akan mendapatkan amal jariyah yang terus mengalir. Kembangkan yang sudah dirintis oleh para pendahulu. Perjuangan yang kita lakukan saat ini, yakinlah suatu saat kita akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah dengan sesuatu yang tidak kita duga. Jika kita niatkan ibadah, kita akan mendapatkan syurga dunia dan akhirat.

UNIMUDA Sorong sebuah perguruan tinggi muhammadiyah di tengah-tengah komunitas nasrani namun bisa diterima dengan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Ini harus terus dijaga, karena tantangannya lebih besar dibanding perguruan tinggi di luar Papua. "Ujar beliau - Dr. Safar Nasir, M.Si.).

Beliau juga meninjau seluruh sarana dan prasarana yang ada di UNIMUDA Sorong, serta bertemu dengan mahasiswa UNIMUDA Sorong asal Kabupaten Teluk Wondama di Pulau UNIMUDA."(NSL)

By Nursalim Sabtu, 25 Mei 2024 | 18:13 pm

Tulis Komentar Anda