Prodi Akuakultur UNIMUDA Sorong Siap menjadi Rujukan di Kawasan Timur 👁️️ 524

By d.sudibyo Kamis, 08 Juli 2021 | 09:06 am Berita

Prodi Akuakultur UNIMUDA Sorong Siap menjadi Rujukan di Kawasan Timur

UNIMUDANews | Program Studi Sarjana Akuakultur merupakan salah satu program studi yang berada di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Sejak berdirinya pada tahun 2018 lalu, program studi Akuakultur terus meningkatkan mutunya baik secara pendidikan, penelitian dan juga pengabdian pada masyarakatnya.

Sebagai bentuk pengakuan mutu baik oleh pemerintah maupun masyarakat luas, program studi Akuakultur telah mengajukan akreditasi program studi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan Surat Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT nomor 2253/BAN-PT/SPT-AK/P/2021 tanggal 27 Juni 2021 Program studi Akuakultur UNIMUDA Sorong dinyatakan lolos ke tahap Asesmen Lapangan (AL) secara daring.

Seperti disampaikan oleh Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., dalam sambutannya saat pembukaan Asesmen Lapangan (AL) secara daring kemarin (7/7/21) bahwa program studi sarjana Akukultur secara fisik maupun non fisik telah siap untuk diakreditasi karena hal ini merupakan sebuah tuntutan mutu Pendidikan sehingga harus dilaksanakan.

sebagai bentuk taat azaz dalam menyelenggarakan program studi ini, kami telah siap baik secara fisik maupun non fisik untuk diakreditasi, dan kami yakin bahwa drodi Akuakultur ini merupakan salah satu program studi yang sangat berpotensi di UNIMDUDA Sorong, apalagi didukung dengan lahan yang luas dengan berbagai struktur tanah serta letak geografis yang sangat strategis sehingga kedepan prodi Akuakultur ini akan menjadi program studi menarik dan seksi khususnya untuk pengembangan wilayah di Kawasan timur “. Ungkap Rektor UNIMUDA.

Sementara itu ketua Tim Asesor Asesmen Lapangan BAN-PT, Ir. Muhammad Iqbal Djawad, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa prodi Akuakultur di UNIMUDA Sorong harus ke depan harus menjadi prodi rujukan untuk di Kawasan timur, untuk itu prodi Akuakultur ini harus terus meningkatkan kualiti kontrolnya secara terus menerus (continues quality).

 “….dan saat ini proses penjamaninan mutu di program studi itu dilihat dari PPEP atau Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian Peningkatan, yang didalamnya diantaranya mengakomodir kekuatan dari masing-masing program studinya, apalagi dengan Isntrumen yang baru ini bukan lagi menekankan pada hasil tetapi lebih menekankan pada proses, dan kami lihar prodi Akuakultur UNIMUDA Sorong ini telah melaksanakan itu semua, sehingga nantinya harus menjadi program studi Akuakultur Rujukan untuk di wilayah timur Indonesia.” Jelas Iqbal Djawad.

Pelaksanaan AL prodi Akuakultur UNIMUDA Sorong ini dilaksanakan selama dua hari, 7-8 Juli 2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom. Di hari pertama proses AL ini diawali dengan pemapaparan LED dan juga RKPS oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Yusup Sopian, S.Pt., M.Sc. kemudian oleh Ketua program studi, Dheni Rossarie, S.S., M.Pi., dan juga ketua Lembaga penjaminan Mutu UNIMUDA Sorong, Abdul Hafid, M.Pd., dan proses AL ini juga dikuti oleh unsur pimpinan, fakultas dan dosen program studi akuakultur. [ds].

By d.sudibyo Kamis, 08 Juli 2021 | 09:06 am

Tulis Komentar Anda