SIDANG TERBUKA SENAT UNIMUDA SORONG: * Kukuhkan Sarjana XVII dan Guru Profesional - PPG* πŸ‘οΈοΈ 241

By Nursalim Selasa, 28 Mei 2024 | 08:59 am Berita

SIDANG TERBUKA SENAT UNIMUDA SORONG: * Kukuhkan Sarjana XVII dan Guru Profesional - PPG*

UNIMUDANews | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menggelar acara Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana XVII dan Pengukuhan Guru Profesional Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada hari Senin (27/5/2024). Acara berlangsung meriah di Gedung Zamroni UNIMUDA Sorong dengan dihadiri oleh para wisudawan, keluarga, serta jajaran akademik dan tamu undangan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.ED., TEFL., M.Phil., Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag., perwakilan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Penjabat Bupati Sorong, Staf Ahli Walikota Sorong, Bupati Raja Ampat, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak, Bupati Maybrat, Bupati tambraw, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Bupati Teluk Wondama, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya, Ketua BPH UNIMUDA Sorong, Jajaran Wakil Rektor, Pimpinan, Dekan dan Ketua Program Studi, Dosen, Ketua Ikatan Alumni UNIMUDA sorong.

Pada sesi selanjutnya, pembacaan surat keputusan rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, tentang wisuda sarjana dan pengukuhan kelulusan Program  Profesi Guru, oleh wakil  rektor I, dan wisuda oleh rektor, dilanjutkan dengan  penyerahan   ijazah, dan sertifikat  oleh dekan dan direktur Pendidikan Profesi Guru Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas pencapaian para wisudawan. "Hari ini saya dan seluruh sivitas akademika UNIMUDA Sorong berbahagia dengan kebahagiaan yang sangat luar biasa karena hari ini telah mencatat sejarah baru, yang pertama dari 158 wisudawan hari ini ternyata ada 93% anak Papua, dan dari 222 alumni PPG dalam jabatan UNIMUDA Sorong angkatan II dan III ternyata 81% beragama kristen non islam. Ini sebuah informasi dan data yang tidak terbantahkan bahwa UNIMUDA bermanfaat di tanah ini.” Ujarnya.

Tak hanya itu, Dr. Rustamadji, M.Si., juga menyatakan bahwa alumni bisa menjadi alumni yang unggul kedepannya menyebutkan, “Dan hari ini saya tidak pernah pesimis baik alumni program sarjana maupun program PPG saya sangat optimis karena tadi pada saat mereka jalan di depan nampak dengan jelas bahwa semua alumni sarjana dan alumni PPG semua menunjukkan kesopanan, kesyukuran, semua menunjukkan rasa terimakasih, bahagia dan optimis yang luar biasa. Ini bisa dikatakan sebagai soft skill, walaupun mungkin teknis pendidikan akademiknya belum mumpuni saya tidak khawatir mereka akan belajar di lapangan belajar lebih hebat lagi, tapi modal soft skill hari ini yang membuat kami yakin dan rasa berbahagia.” lanjutnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada wisudawan, kepada alumni PPG, orangtua, keluarga yang hari ini berbahagia kami juga berbahagia menyertai bapak ibu sekalian, selamat datang semua di kampus 1001 prestasi, prestasi nasioanal maupun internasional yang sangat luar biasa. Ini semua tentu membahagiakan kami dan semua tentu atas dukungan, doa bapak ibu semua, dorongan dan bantuan dari semua stakeholder sehingga UNIMUDA Sorong bisa berprestasi yang luar biasa saat ini dan nanti akan datang kehebatan-kehebatan yang lain di UNIMUDA Sorong.” Tambahnya.

Pada wisuda kali ini, sebanyak 158 wisudawan dari berbagai program studi di UNIMUDA Sorong resmi diwisuda. Selain itu, acara ini juga mengukuhkan sebanyak 222 guru profesional yang telah menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Para guru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Papua Barat.

Pada kesempatan yang sama, UNIMUDA Sorong juga meluncurkan Unit Pelayanan Disabilitas (ULD), sebagai bagian dari komitmen universitas dalam menyediakan pendidikan inklusif dan pelayanan yang ramah disabilitas. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XIV kepada Ketua Unit Layanan Disabilitas. Dengan adanya ULD, UNIMUDA Sorong berharap dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan bagi mahasiswa disabilitas, serta mendukung terciptanya lingkungan kampus yang lebih inklusif dan ramah bagi semua.

Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan para lulusan UNIMUDA Sorong dapat membawa nama baik almamater dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Semoga langkah mereka ke depan selalu diberkahi dan sukses dalam segala hal. (SHF)

By Nursalim Selasa, 28 Mei 2024 | 08:59 am

Tulis Komentar Anda