Teknik Kimia Adakan Agenda Tahunan dengan menggelar Olimpiade Kimia 👁️️ 286

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Kamis, 10 Maret 2022 | 16:55 pm Berita

Teknik Kimia Adakan Agenda Tahunan dengan menggelar Olimpiade Kimia

UNIMUDANews | Program Studi Teknik Kimia kembali menggelar kegiatan tahunan yaitu Chemical Engineering Creative Idea Student Competition (ChECISCo) yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dengan mengusung tema "Berinovasi Dalam Membangun Papua Yang Lebih Kreatif". Kegiatan yang digelar secara hybrid dengan berbagai mata lomba yang dikompetisikan.

Adapun berbagai mata lomba yang dilaksanakan secara hybrid yaitu, desain poster dan menulis essay untuk siswa SMA/SMK/MA/Sederajat, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat S1/D3/D4/Sederajat yang dilakukan secara online, sedangkan Olimpiade Kimia tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat dilakukan secara Offline.

Pada hari Selasa (08/03/22) kemarin, Olimpiade Kimia dilaksanakan dengan jumlah peserta 17 orang dari berbagai Instansi telah berjalan sesuai yang telah dicanangkan. Firmanullah Fadlil, M.Eng., sebagai penanggungjawab pada mata lomba tersebut.

"Olimpiade Kimia baru pertama kali diadakan di kegiatan ChECISCo, namun hal tersebut tidak membuat kalut para adik-adik peserta lomba dalam mengikuti kegiatah ini, dan mereka terlihat sangat antusias. Pesan saya untuk adik-adik peserta lomba, ditingkatkan lagi belajarnya, kesuksesan tidak hanya melalui Olimpiade disini saja melainkan banyak sekali kesempatan di luar sana yang harus dicoba." Ungkapnya.

Meskipun baru pertama kali mengadakan Olimpiade Kimia Tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat, namun kegiatan tersebut disambut baik oleh para siswa dan guru. Hasanah Ridwan sebagai salah satu peserta Olimpiade Kimia menuturkan bahwa sejatinya ia tidak begitu menyukai pelajaran, namun dengan ajang olimpiade ini ia turut antusias.

"Sebenarnya saya tidak terlalu suka pelajaran kimia, baru liat soal saja sudah pusing banget, tapi fasilitas yang diberikan oleh panitia kepada kami sangatlah memuaskan apalagi adem ada AC jadi kita ngerjain soal juga enak ga kepanasan intinya pada akhirnya ya nyaman." Tuturnya.

Kenyamanan dan ketenangan adalah salah satu syarat agar ujian Olimpiade Kimia berjalan dengan kondusif. Fasilitas yang diberikan juga berpengaruh dalam membuat kenyamanan para peserta Olimpiade. Pada kegiatan kemarin juga telah disiapkan area ruang tunggu bagi guru pendamping peserta Olimpiade guna menjaga konsentrasi para peserta dan mengurangi kebisingan. 

"Saya sendiri baru tahu ternyata di Papua dan Papua Barat terdapat jurusan Teknik Kimia terutama di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang ternyata banyak sekali kegiatan tahunan yang sangat bagus dan bermanfaat bagi anak-anak kami. salah satunya melalui Olimpiade Kimia ini para siswa saya yang awalnya tidak suka kimia, pusing,melelahkan jadi terpacu belajarnya.” Ungkap salah seorang Guru SMA pendamping.

Mengenai kegiatan ChECISCo ini untuk pengumuman lombanya baik Olimpiade, Essay, Poster maupun LKTI akan di sampaikan saat webinar pada tanggal 28 Maret 2022. (rh)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Kamis, 10 Maret 2022 | 16:55 pm

Tulis Komentar Anda