TIM PKM Universitas Pendidikan Muhammadiayah Sorong Berhasil Raih Juara Favorit dalam Ajang PIMNAS ke-34 👁️️ 118

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 01 November 2021 | 21:10 pm Berita

TIM PKM Universitas Pendidikan Muhammadiayah Sorong Berhasil Raih Juara Favorit dalam Ajang PIMNAS ke-34

UNIMUDANews | Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong kembali memberikan segudang prestasi salah satunya datang dari Tim Program Kreativitas Mahasiswa. Kali ini, Ivan Agustian Efendi bersama tim berhasil meraih juara favorit di ajang yang sangat bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-34 Tahun 2021 di Unversitas Sumatera Utara.

PIMNAS 34 Universitas Sumatera Utara dilaksanakan sejak tanggal 26 Oktober hingga 29 Oktober 2021. Adapun yang terlibat di dalam tim yaitu Ivan Agustian Efendi (Akuakultur), Rika Tundan Iriani (Akuakultur), Nurul Mei’shah (Akuakultur), Adinda Annisa Sholikhatin (Pendidikan Matematika), dan Suhria Haremba (Teknik Kimia). Di ajang tersebut tim mereka mengambil tema PKM-PI Teknologi Biogas Purifier dengan Metode Water Washing- Adsorption sebagai Optimasi Gas Metan untuk efisiensi Produksi Usaha Rumah tangga.

Ivan Agustian sebagai ketua Tim menjelaskan tujuan dari tema tersebut adalah sebagai solusi teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pada Biogas sehingga penerapannya dapat menekan biaya proses produksi olahan makanan mitra. 

Ivan juga menjelaskan bahwa dalam PKM-PI itu hampir mirip dengan PKM-PM, yaitu Program kreativitas pengabdian masyarakat. Hanya saja perbedaannya untuk PKM-PI memiliki mitra yang profit.

“...seperti mitra kami yaitu usaha kuliner yang telah melakukan penerapan energi terbaru kami yakni Biogas untuk menunjang usaha tersebut dan mengurangi penggunaan BBM. Namun permasalahan yang dihadapi pada usaha ini yaitu belum optimalnya penggunaan biogas yang digunakan untuk mengurangi biaya pada produksi tersebut karena rendahnya biogas yang digunakan yang mengakibatkan lamanya pemasakan.” Jelasnya.

Tujuan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang dilakukan oleh Ivan dan Team adalah untuk memurnikan CH4 yang dihasilkan agar dapat menjadi lebih murni tanpa gas-gas yang tidak diperlukan serta menjadi solusi teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pada biogas. Masuk sebagai Juara Favorit Ivan dan Team telah berusaha melakukan yang terbaik untuk mengharumkan Almamater Universitan Pendidikan Muhammadiyah Sorong karena dapat bersaing di kancah Nasional. (kdx/umf)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 01 November 2021 | 21:10 pm

Tulis Komentar Anda