Tim SANTIK UNIMUDA Sorong Lolos KBKM Tingkat Nasional 👁️️ 193

By Aswitha Sari Suprihathin Senin, 09 November 2020 | 08:30 am Berita

Tim SANTIK UNIMUDA Sorong Lolos KBKM Tingkat Nasional

UNIMUDANEWS | Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) adala sebuah program rutin yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) sebagai ajang pertukaran pendidikan dan kebudayan. Tahun 2020 merupakan kegiatan KBKM yang ke-dua yang mana sebelumnya telah diadakan KBKM pada tahun 2019 dan akan diadakan di tahun-tahun berikutnya. Walaupun di tengah kondisi pandemi seperti ini KBKM tingkat nasional tetap diadakan secara luring. Dengan ketetapan panitia, bahwa setiap peserta terlibat wajib menjalankan rapid test dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Setelah mengikuti seleksi tingkat regional lolos, tim Sabun Antiseptik (SANTIK) Universitas Pendidikan (UNIMUDA) Sorong yang diwakili oleh tiga orang mahasiswa yaitu Syaiku Malik, Yeremias Oratmangun, dan Lydia Putri Prasetyaningtyas dari program studi Teknik Kimia mendapatkan undangan panggilan mengikuti KBKM tingkat nasional untuk menetapkan pemenang 1, 2, dan 3 dari kategori aplikasi dan prakarya, yang diadakan pada tanggal 9-15 November 2020 di Jakarta.

Dengan kategori aplikasi dan prakarya maka tim SANTIK UNIMUDA Sorong membawkan sebuah prodaknya dalam KBKM yaitu sabun antiseptik alami yang berbahan dasar dari daun matoa. Sedangkan matoa itu sendiri merupakan tanaman endemik dari Papua dan Papua Barat dan terdapat beberapa industri pengolahan kayu matoa yang mana daunnya itu sendiri menjadi limbah sehingga dapat dimanfaatkan sebagain bahan dalam pembuatan sabun antiseptik.

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi tim SANTIK UNIMUDA Sorong karena telah menciptakan sebuah prodak sabun antiseptik di kalangan mahasiswa dan dapat di pamerkan pada kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) tingkat nasional tahun 2020.

“Sebuah kabanggaan bagi tim kami karena sebelumnya kami tidak menyangka akan bisa membuat sebuah prodak sabun seperti ini dan kami bisa membawanya dalam iven KBKM tingkat nasional tahun 2020.” tutur Lidiya salah satu anggota tim SANTIK UNIMUDA Sorong saat diwawancarai. [AW/DS]

By Aswitha Sari Suprihathin Senin, 09 November 2020 | 08:30 am