Tingkatkan Mutu Pelayanan, BPKS-UNIMUDA Gelar Pelatihan SIM Keuangan 👁️️ 827

By Administrator Jumat, 26 Juni 2020 | 09:35 am Berita

Tingkatkan Mutu Pelayanan, BPKS-UNIMUDA Gelar Pelatihan SIM Keuangan

SORONG | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong melalui Badan Pengelola Keuangan dan Sarana (BPKS) menyelenggarakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen Keuangan untuk meningkatkan pelayanan maksimal bagi mahasiswa dan seluruh sivitas akademika UNIMUDA Sorong.

Peningkatan mutu pelayanan keuangan melalui pelatihan aplikasi akuntasi Software Accounting For Non Government Organization atau di singkat SANGO bagi seluruh staf BPKS UNIMUDA Sorong ini dilaksanakan selama 2 hari, 25-26 Juni 2020 bertempat di Meeting Room Gedung MM-kampus UNIMUDA dan dibuka secara resmi oleh wakil rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Sarana, Surya Putra Raharja, M.Pd. 

Dalam sambutannya wakil rektor UNIMUDA Sorong menyampaikan bahwa saat ini seluruh tim pelayanan di UNIMUDA Sorong terus berbenah dan terus meningkatkan kapasitasnya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan baik kepada mahasiswa maupun seluruh sivitas akademika.

perkembangan jaman yang begitu cepat ini sangat memacu kita agar terus berbenah dalam rangka untuk meningkatan kapasitas team work di semua sector yang ada di kampus UNIMUDA Sorong, dan pelatihan aplikasi akuntasi ini sebagai adalah salah satu bukti bahwa UNIMUDA akan selalu siap untuk menghadapi era-era disruptive seperti sekarang ini, yang kadang era ini menutut kita tidak harus linier dalam segala hal.” kata Doni.

Secara khusus tujuan pelatihan Aplikasi Software Accounting For Non Government Organization (SANGO) ini adalah untuk menyiapkan lembaga yang profesional dalam bidang Sistem Pengelolaan keuangan serta sistem informasi keuangan Perguruan Tinggi, seperti disampaikan oleh salah satu pemateri, Surya Putra Raharja, M.Pd. menyampaikan bahwa secara teknis aplikasi ini sangat mendukung proses pengambilan keputusan serta membantuk perguruan tingg dalam mempertanggung jawabkan pengeleloaan keuangan.

Ada tiga fungsi atau peran sistem informasi akuntansi. Ketiga fungsi tersebut sangat erat hubungannya satu sama lain sehingga harus dilihat secara bersamaan. Ketiga peran atau fungsi tersebut adalah mendukung aktivitas perguruan tinggi sehari-hari, mendukung proses pengambilan keputusan, dan membantu pengelola Perguruan Tinggi dalam memenuhi tanggung jawabnya kepada pihak eksternal. Selain itu dengan menggunakan Sistem Aplikasi Akuntansi dapat mempermudah Perguruan Tinggi dalam menghadapi Audit Internal maupun Audit Eksternal”. Tutur Surya

Dalam pelatihan tersebut turut hadir juga Pemateri dari Staf Finance Kemitraan UNIMUDA Sorong dengan UNICEF, Nur Hasana, S.E. untuk berbagi ilmu serta  praktik baiknya selama menggunakan aplikasi SANGO untuk membuat laporan keuangan kepada lembaga dunia yaitu UNICEF. [spr/ds]

By Administrator Jumat, 26 Juni 2020 | 09:35 am