Tingkatkan Produktivitas, UNIMUDA Sorong Melakukan Pemekaran Fakultas 👁️️ 1.807

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Selasa, 11 Januari 2022 | 09:47 am Berita

Tingkatkan Produktivitas, UNIMUDA Sorong Melakukan Pemekaran Fakultas

UNIMUDANews | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong telah berubah bentuk dari STKIP Muhammadiyah Sorong sejak tahun 2018. Dalam perjalanannya setelah perubahan bentuk, UNIMUDA Sorong telah bertransformasi menjadi perguruan tinggi papan atas di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Pencapaian dan prestasi yang telah diraih ini tentu perlu ditingkatkan lagi mengingat visi UNIMUDA Sorong menjadi Perguruan Tinggi kelas dunia (world-class university) di tahun 2035. Salah satu upaya melakukan percepatan pengembangan institusi ini adalah dengan membentuk beberapa fakultas baru.

Sebelumnya, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong memiliki 4 fakultas diantaranya ialah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 10 Program Studi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan 6 Program Studi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) dengan 8 Program Studi, dan Fakultas Agama Islam (FAI) dengan 1 Program Studi. Kini, UNIMUDA Sorong telah melakukan pemekaran menjadi 7 fakultas yaitu, Fakultas Sains Terapan dengan 2 Program Studi; Fakultas Teknik dengan 2 Program Studi; Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dengan 4 Program Studi; Fakultas Ekonomi dan Humaniora dengan 4 Program Studi; Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi dengan 4 Program Studi; Fakultas Pendidikan Bahasa, Sosial dan Olahraga dengan 6 Program Studi; Fakultas Agama Islam dengan 1 Program Studi.

Ditemui saat wawancara beberapa waktu lalu, Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si. mengungkapkan bahwa pemekaran fakultas ini dilakukan untuk lebih mudah dalam manajerial di Fakultas dan dapat memberikan hasil yang maksimal dari segi produktivitas.

“Fakultas itu definisinya adalah kumpulan program studi yang satu rumpun ilmu atau dua atau beberapa yang bisa dijadikan satu. Pemekaran ini dilakukan dalam rangka memudahkan manajemen, agar rentang kendalinya mudah dan lebih fokus dengan tenaga yang sama, kapasitas dan kompetensi yang sama diharapkan hasilnya bisa lebih maksimal.” Ujar Rektor

Harapannya di awal tahun yang baru ini, seluruh Sivitas Akademika lebih kreatif dengan suasana dan nuansa serta semangat juga impian yang baru. Selain itu, dari pemekaran fakultas ini diharapkan bisa membawa produktivitas yang baru juga. Rustamadji juga mengatakan jumlah fakultas yang ada sekarang masih dapat berubah lagi ke depannya.


"Untuk sementara ini adalah fakultas yang ada di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, tetapi nanti 1 atau 2 tahun kedepan kemungkinan penambahan atau pemekaran fakultas maupun program studi besar kemungkinan terjadi." ungkap Rektor.

Dengan perubahan fakultas ini, selanjutnya akan dilakukan pemilihan Dekan di Fakultas yang baru dibentuk. Pemilihan ini akan dilakukan susuai dengan statuta universitas yang berlaku. Pemilihan Dekan ini sendiri akan dijadwalkan selama 1 hingga 2 bulan ke depan yang akan dilanjutkan juga dengan prosesi pelantikan. (kdx)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Selasa, 11 Januari 2022 | 09:47 am

Tulis Komentar Anda