Tingkatkan Sociopreneurship, UNIMUDA Sorong digandeng UGM Gelar Training of Trainer UKMK berbasis Kelapa Sawit 👁️️ 289

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:37 pm Berita

Tingkatkan Sociopreneurship, UNIMUDA Sorong digandeng UGM Gelar Training of Trainer UKMK berbasis Kelapa Sawit

UNIMUDANews | Laksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong terlibat dalam Pendampingan Pembangunan Sociopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Berbasis Sawit yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan malaksanakan Training of Trainer (ToT). Kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan kerjasama antara Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan dukungan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Tujuan dilaksanakan Training of Trainer Pendampingan Pembangunan Sociopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Berbasis Sawit perkebunan ini adalah untuk mengedukasi kepada mahasiswa yang akan terjun pada program Kuliah Pengabdian Masyarakat agar dapat mengelola komoditi khususnya kelapa sawit. 

Pelaksana Tugas Wakil Rektor 1, Muklas Triono, M.Pd., yang pada kesempatan ini juga turut hadir, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan yang diadakan pada Rabu pagi ini di Meeting Room Gedung Mas Mansyur pada Rabu, (27/10). Beliau menyampaikan juga bahwa seluruh Dosen dan Mahasiswa patut bangga dan bahagia karena dapat bersinergi dengan salah satu kampus unggulan di Indonesia.

“Kegiatan sinergi seperti ini menjadi core of the bussines dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang sudah dirilis oleh Kementerian, dan kita di UNIMUDA Sorong para mahasiswa dan dosen patut berbahagia dan berbangga karena bisa bersinergi dengan Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia.” Ujarnya.

Mukhlas juga menyampaikan kepada Mahasiswa di UNIMUDA Sorong harus paham bahwa komoditi kelapa sawit di Indonesia merupakan salah satu komoditi unggulan demikian pun di Sorong. Kita di Perguruan Tinggi menjadi bagian dari solusi ketika komoditi mengalami problem baru maka kita dapat memberikan solusi agar kelapa sawit ini dapat terus berkembang Perguruan Tinggi harus berperan aktif dalam memberikan solusi, sehingga keberadaan kita di tengah-tengah masyarakat dapat terus dirasakan.

PLT Wakil Rektor 1 ini juga menyampaikan terimakasih kepada pihak UGM karena telah berkenan datang ke UNIMUDA Sorong untuk dapat melakukan Training of Trainer ini.

Adapun Direktur Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Untuk meningkatkan Pproduktivitas perkebunan kelapa sawit perlu dilakukan peremajaan.

Industri kelapa sawit di Indonesia dibangun dengan pendekatan yang memprioritaskan keseimbangan antara aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini dihadiri oleh rombongan dari Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) Universitas Gadjah Mada (UGM), beberapa Dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang menjadi Dosen Pendamping pada pelaksanaan kegiatan ini. Ada sebanyak 30 orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini termasuk mahasiswa dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang juga turut hadir pada Training of Trainer Pendampingan Pembangunan Sociopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Berbasis Sawit ini.

Kunjungan Universitas Gadjah Mada di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong ini juga diahiri dengan penandatanganan MoU antara kedua pihak dalam bidang program pengabdian masyarakat. (kdx) 

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:37 pm

Tulis Komentar Anda