UNIMUDA Bangga menjadi Tuan Rumah Pelepasan Ajang Bergengsi Kontingen BAPOMI Papua Barat Daya: Siap Bersaing di POMNAS KE- XVIII! πŸ‘οΈοΈ 361

By Nursalim Jumat, 10 November 2023 | 18:18 pm Berita

UNIMUDA Bangga menjadi Tuan Rumah Pelepasan Ajang Bergengsi Kontingen BAPOMI Papua Barat Daya: Siap Bersaing di POMNAS KE- XVIII!

UNIMUDA News | POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) merupakan sebuah ajang kompetisi olahraga yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lomba ini menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga. POMNAS XVIII tahun 2023 akan berlangsung di Kalimantan Selatan. Total akan ada 16 cabang olahraga yang dipertandingan di POMNAS yang berlangsung pada Oktober 2023. POMNAS 2023 akan berpusat di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Ajang yang berlangsung setiap dua tahun sekali itu bakal diikuti sebanyak 10.000 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Unimuda Sorong menjadi saksi pelepasan kontingen BAPOMI Papua Barat Daya dalam perhelatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-18, yang akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan. Ruangan Unimuda Convention Center dipenuhi semangat saat Bendera BAPOMI diserahkan kepada ketua Rombongan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya, didampingi oleh Rektor Unimuda Sorong (10/11).

Dalam sambutannya, Ketua Umum BAPOMI Papua Barat Daya, Waskito Aji SP.M. Or., AIFO-FIT., mengungkapkan perasaan syukur atas kesempatan yang mereka raih setelah perjuangan panjang. Dalam empat hingga lima tahun terakhir, aset dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Papua Barat Daya telah berusaha naik ke panggung nasional. Akhirnya, dengan berdirinya BAPOMI Papua Barat Daya, kesempatan untuk mengibarkan nama daerah ini dalam POMNAS pun terbuka.

"Untuk kontingen Papua Barat Daya sendiri Alhamdulillah kami sampaikan bahwasanya dari 85 aset yang masuk ke dalam database kami ada sekitar 17 yang memenuhi kriteria. Yang dimana persyaratan ini hampir sama dilakukan di KONI DOB bahwasanya minimal aktif pernah mengikuti kejuaraan-kejuaraan nasional dan Alhamdulillah dari 85 aset yang kita miliki di Provinsi Papua Barat daya ada 17 dari UNIMUDA Sorong ada sekitar 7, kemudian di Universitas Muhammadiyah Sorong ada sekitar 5, kemudian dari STIE Bukit Zaitun ada 1, kemudian dari IAIN Sorong ada 1 dan yang terakhir adalah politeknik kesehatan Sorong ada 1. Dan Alhamdulillah teman-teman 17 pernah mengikuti kejuaraan-kejuaraan Nasional dan beberapa sudah berprestasi di tingkat nasional. Dan ini merupakan suatu peluang besar yang nanti  insyallah di POMNAS ke 18 ini menjadi suatu ajang pembuktian teman-teman." Ucap Waskito Aji.

Rektor Unimuda Sorong turut memberikan pesan kepada kontingen, menekankan pentingnya softskill dan semangat juang. Menurutnya, kecakapan strategis dan semangat pantang menyerah menjadi kunci dalam menghadapi ajang kompetisi tingkat nasional. Beliau juga membagikan pengalaman pribadi tentang pentingnya memperjuangkan impian, tidak menghiraukan hinaan, dan terus berusaha memperlihatkan prestasi."Orang yang jago itu adalah dia yang telah melakukan latihan-latihan yang lebih daripada yang lain" Tegasnya.

"Saya merasa bersyukur dan berterima kasih pada hari ini kita semua sudah membedakan antara sorong sebelum jadi provinsi dengan sesudah jadi provinsi. Sebelum jadi provinsi tidak pernah ada kegiatan seperti ini, artinya apa? Keberadaan Provinsi Papua Barat Daya keberadaan dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata dan kreatif betul-betul membawa dampak positif dan membawa manfaat bagi kita semua khususnya mahasiswa di bidang olahraga." tambah Rektor Unimuda Sorong.

 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya, Yusdi N. Lamatenggo, menggarisbawahi pentingnya prestasi dan administrasi yang baik dari kontingen. Diharapkan, prestasi yang diraih tidak hanya membawa medali, namun juga menjaga nama baik Provinsi Papua Barat Daya. Pesannya jelas, "Pulanglah dengan sukses! dalam prestasi dan administrasi, sehingga kehadiran BAPOMI Papua Barat Daya akan terus menjadi kebanggaan daerah."

Pelepasan kontingen BAPOMI di POMNAS ke-18 menjadi bukti bahwa Provinsi Papua Barat Daya tidak hanya hadir, tetapi juga siap berkompetisi dan menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Semangat dan dukungan terus mengalir untuk anak-anak muda yang akan menjadi wakil daerah dalam ajang bergengsi ini. (UMF-SR)

By Nursalim Jumat, 10 November 2023 | 18:18 pm

Tulis Komentar Anda