UNIMUDA Gelar Closing Ceremony Program Pertukuran Mahasiswa Dalam Negeri 👁️️ 1.812

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Rabu, 19 Januari 2022 | 08:20 am Berita

UNIMUDA Gelar Closing Ceremony Program Pertukuran Mahasiswa Dalam Negeri

UNIMUDANews | Pada Senin (17/01/22), Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menggelar Closing Ceremony Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN-DIKTI) Tahun 2021 di Metting Room Gedung Mas Mansyur UNIMUDA. Acara tersebut digelar sebagai tanda perpisahan untuk melepas para Mahasiswa Inbound kembali ke tempat asalnya masing-masing setelah melakukan kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN-DIKTI) setelah melaksanakan pertukaran tersebut selama kurang lebih 3 bulan.

Closing Ceremony ini dihadiri oleh Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., Wakil Rektor I, II, dan III, Dekan, dan Dosen  serta PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMM DN-DIKTI) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMM DN-DIKTI), Fuad Ardiansyah, M.Si., menyampaikan laporannya terkait pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN-DIKTI).

“Pada pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN-DIKTI)  Angkatan pertama di UNIMUDA, di wilayah Papua dan Papua Barat ini Universitas Pendidikan Muhammadiyah merupakan satu-satunya Universitas yang melaksanakan Proses Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri ini secara luring, dengan jumlah mahasiswa Inbound atau mahasiswa yang datang ke UNIMUDA sebanyak 70 Mahasiswa, dan mahasiswa yang dikirimkan ke Pulau Jawa sebanyak 72 Mahasiswa pada  42 Universitas.” Ungkap Fuad

Fuad juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan program pertukaran mahasiswa terdapat beberapa kegiatan yang kami laksanakan. Kegiatan-kegiatan tersebut dibagi dalam 2 kegiatan utama, yang pertama adalah kegiatan pembelajaran yang diampu oleh teman-teman mahasiswa, dan yang kedua adalah kegiatan kebhinekaan di mana kegiatan ini menempatkan mahasiswa untuk mengenal budaya di daerah setempat.

“Teman-teman mahasiswa ini kami kenalkan dengan budaya dan adat istiadat disini diantaranya melihat proses pembuatan sagu, ke rumah adat papua, dan musik-musik dan tarian adat Papua. Nanti dari teman-teman mahasiswa akan menampilkan beberapa penampilan seni yang telah mereka pelajari seperti tarian papua, lnyanyian Papua dan kolaborasi antara tarian Papua dan dari daerah nusantara, dan beberapa penampilan lainnya.” Sambungnya.

Gambar: Mahasiswa PMM menampilkan tarian khas Papua

“Kemudian salah satu mahasiswa UNIMUDA yang dikirimkan ke Pulau Jawa berhasil mendapatkan penghargaan pemenang lomba pada salah satu Universitas di Semarang, mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Hukum dan mahasiswa tersebut juga merupakan mahasiswa pertama yang kami kirimkan ke Pulau Jawa untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa ini.” Jelas Fuad.

Adapun Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada mahasiswa Inbound ini. Rektor menyampaikan kepada mahasiswa bahwa mereka adalah mahasiswa yang hebat, dan orang hebat itu senantiasa selalu membuat dirinya senang.

“Kalian adalah mahasiswa-mahasiswa yang hebat, berangkat dari semangat juang yang tinggi nanti akan melahirkan pemikiran, pembicaraan, gerakan dan karya yang positif. Hal ini akan dimiliki oleh seluruh mahasiswa Inbound. Pertukaran mahasiswa merdeka ini salah satu kegiatan MBKM, saya sampaiakan bahwa UNIMUDA Sorong pada tahun 2020 menjadi kampus terbaik pelaksana MBKM di 6 Provinsi Kawasan Timur. Saya yakin 1000 yakin, sebelum kalian datang kesini dan sesudah dri sini pasti mindset kalian sudah berbeda, sampaikanlah berita-berita baik ini pada saudara-saudara kalian disana, bahwa disini menyenangkan.” Ujar Rektor

Gambar: Rektor UNIMUDA Sorong saat memberikan sambutan

Dalam kesempatan yang sama Bupati Sorong yang diwakili oleh Asisten 2 Bupati Sorong juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada UNIMUDA karena UNIMUDA mampu mengenalkan kekayaan dan keindahan yang ada di tanah Papua melalui kegiatan ini dan program-program lainnya. UNIMUDA merupakan salah satu mitra terbaik Kota Sorong.

Adapun salah satu perwakilan mahasiswa Inbound yang menyampaikan kesan dan pesannya juga mengucapkan terimakasih karena telah membuka dan mengubah mindset tentang Papua terutama Kota Sorong dengan mengenalkan adat istiadat serta budaya Papua dan mampu menerima dan memperlakukan mahasiswa Inbound dengan baik. Hal tersebut akan terus menjadi kenangan yang indah untuk seumur hidup mereka. 

Kemudian acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta PMM-DN dan foto bersama. Program ini diharapkan dapat memberikan ilmu, pengalaman dan persahabatan yang baik antar budaya bagi mahasiswa pertukaran. (kdx)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Rabu, 19 Januari 2022 | 08:20 am

Tulis Komentar Anda