UNIMUDA Gelar Sosialisasi IISMA Bersama 600 Mahasiswa dari seluruh Indonesia 👁️️ 135

By d.sudibyo Kamis, 18 November 2021 | 23:02 pm Berita

UNIMUDA Gelar Sosialisasi IISMA Bersama 600 Mahasiswa dari seluruh Indonesia

UNIMUDANews |  Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program kampus merdeka dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk melakukan proses pembelajaran di kampus ternama di luar negeri. Kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan pada pertengahan tahun 2021 dan sebagai bagian persiapan program yang sama di tahun 2022, Ditjen Dikti mempercayai Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong untuk menyelenggarakan sosialisasi IISMA secara daring  pada Rabu (17/11).

Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa di seluruh Indonesia khususnya di Wilayah Indonesia Timur. Menurut Wakil Rektor III, Sirojjudin, M.Pd., Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong diberi sebuah amanah oleh Ditjen Dikti untuk melaksanakan sosialisasi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tersebut.

“….Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh kurang lebih 600 partisipan dari seluruh LDIKTI wilayah XIV dan wilayah XII.” Ucapnya.

Luaran dari Kegiatan IISMA ini dapat berupa magang, pertukaran mahasiswa luar negeri, course, dan sebagainya. Untuk Kampus tujuan di luar negeri ditentukan oleh Ditjen Dikti dan dilakukan di berbagai perguruan tinggi mitra yang ada di dunia. Dengan berbagai manfaat yang diperoleh, mahasiswa mendapat semua fasilitas maupun keperluan yang ditanggung oleh Ditjen Dikti.

“….kegiatan ini memberi kesempatan bagi para mahasiswa Indonesia untuk bisa pergi ke luar  negeri, dan nantinya lokasi mitra akan ditentukan oleh Ditjen Dikti, baik di Eropa, Asia, bahkan di Amerika.” Menurutnya.

Tentunya para mahasiswa Indonesia sudah harus mempersiapkan persyaratan-persyaratan pada saat ingin melakukan pendaftaran tersebut.

“pendaftaran biasanya dilakukan melalui sistem website MBKM yang ada di Ditjen Dikti, dan semua mahasiswa boleh ikut. Kegiatan ini rutin dilakkan setiap satu tahun sekali”. Tambahnya.

Tak hanya itu, Wakil Rektor III Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong ini memiliki harapan yang besar kepada para mahasiswa di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong agar mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikutinya dengan maksimal.

“...harapan saya tahun 2022 nantinya di bulan Maret, mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong bisa mengikuti kegiatan ini dengan semaksimal mungkin. Teman-teman bisa daftar, sehingga mahasiswa dari UNIMUDA Sorong bisa diberangkatkan ke Luar Negeri.” Tutupnya.

Syarat utama yang dilakukan untuk mendaftar adalah mahasiswa memilliki kemampuan maupun keterampilan berbahasa Inggris, dengan memiliki bukti fisik berupa sertifikat TOEFL ataupun IELTS. (rska) 

By d.sudibyo Kamis, 18 November 2021 | 23:02 pm

Tulis Komentar Anda