UNIMUDA Sorong Implementasikan Program RPL Bersama IKIP Gunung Sitoli 👁️️ 235

By Aswitha Sari Suprihathin Selasa, 27 Oktober 2020 | 08:45 am Berita

UNIMUDA Sorong Implementasikan Program RPL Bersama IKIP Gunung Sitoli

UNIMUDANEWS | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong telah mendapatkan amanah dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi-KEMENDIKBUD untuk menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) daerah 3T.

Ceremoni pembukaan fasilitas RPL resmi dibuka oleh Rektor UNIMUDA Sorong kemarin (26/10/20) bertempat di meeting room kampus UNIMUDA Sorong melalui aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh pimpinan dan mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunung Sitoli yang sekaligus merupakan mitra UNIMUDA Sorong dalam megimplementasikan program RPL 3T.   

Dalam ceremoni pembukaan fasilitas RPL tersebut juga dihadiri oleh kepala LLDIKTI Wilayah 14 Papua Dan Papua Barat, Suriel S. Mofu, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang spektakuler dan luar biasa mengingat perogram ini baru pertama kali dalam sejarah dilaksanakan di Wilayah LLDIKTI 14 Papua dan Papua Barat.

ini merupakan suatu peristiwa yang luar biasa, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena perogram RPL ini dapat diimplementasikan dan juga dipersatukan dalam sarana teknologi informasi.” Ungkap Suriel S. Mofu.

Kepala LLDIKTI juga menambahkan bahwa jarak antara UNIMUDA Sorong dan IKIP Gunung Sitoli bukanlah merupakan suatu penghalang untuk bertukar pengalaman dan berbagi ilmu. Dengan adanya sarana teknolgi yang dapat menunjang komunikasi dan pembelajaran jarak jauh yang menjadi solusi dalam pelaksanan kerja sama Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tersebut.

Sementara itu, Rektor UNIMUDA Sorong Dr. Rustamadji, M.Si., menyampaikan bahwa ini adalah salah satu prestasi yang diraih oleh UNIMUDA Sorong untuk di kawasan Timur Indonesia karena dari empat Provinsi hanya UNIMUDA Sorong yang menyelenggarakan perogram ini.

‘’Di kawasan Indonesia Timur  terdapat empat Provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara dimana kita termasuk dalam Perguruan Tinggi di daerah tertinggal, dan syukur Alhamdulillah kami menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjadi penyelenggara dari kawasan daerah tertinggal.” jelas Rektor UNIMUDA.

UNIMUDA Sorong juga sudah dipercaya untuk menjadi lembaga penyelenggara diklat penguatan kepala sekolah dan calon kepala sekolah. Dan yang menarik adalah kepala-kepala sekolah tersebut berasal dari berbagai daerah yang berada di Papua, Papua Barat dan juga Sumatra Utara diantaranya yaitu Kabupaten Toba Samosir, Padang Sidempuan Kota dan lainnya. [AW/DS]

By Aswitha Sari Suprihathin Selasa, 27 Oktober 2020 | 08:45 am