UNIMUDA Sorong Laksanakan KPM-Magang Terintegrasi di Tengah Pandemi 👁️️ 297

By Aswitha Sari Suprihathin Jumat, 06 November 2020 | 08:36 am Berita

UNIMUDA Sorong Laksanakan KPM-Magang Terintegrasi di Tengah Pandemi

UNIMUDANEWS | Kali pertama Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengadakan Kuliah Pengabdian Masyarakat dan Magang III Terintegrasi (KPM-MT) hal ini merupakan kebijakan yang diambil oleh Pimpinan Universitas melalui Unit Pelaksana Tugas (UPT) Magang dan KPM UNIMUDA Sorong pada tahun ini.

Pembukaan pembekalan KPM-MT secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong Doni Sudibyo, M.Pd., kamis (05/11/20) di kampus UNIMUDA Sorong dan diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta KPM-MT UNIMUDA Sorong secara daring dan akan berlangsung selama 2 hari sejak 5 - 6 November 2020.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong Doni Sudibyo, M.Pd., menyampaikan harapannya kepada mahasiswa peserta KPM-MT untuk selalu menciptakan karya-karya yang berbeda disetiap momennya walaupun saat ini sedang berada dalam kondisi pandemi COVID-19.

‘’KPM-MT ini harus bisa selalu memeberikan nilai lebih, karena ini merupakan kegiatan rutinitas, sehingga rutinitas inilah harus selalu menghasilkan karya-karya yang berbeda di setiap momennya.’’

Sementa Ketua UPT Magang dan KPM UNIMUDA Sorong Jaharudin, M.Pd., dalam penyampaiannya mengatakan telah menyebar luaskan surat sebagai permohonan lokasi KPM-MT ini di beberapa wilah yaitu Raja Ampat (Waisai dan Misol), Sororng Selatan (Moswaren dan distrik buk) dan selebihnya tersebar di Kabupaten Sorong yang telah dibagi menjadi 41 kelompok mahasiswa.

‘’Dengan berinisiatif menggabungkan Kuliah Pengabdian Masyarakat dan Magang III Terintegrasi (KPM-MT) ini ditengah masa pandemi seperti ini dengan tujuan agar tetap terlaksana, dengan tetap melaksanakan tupoksinya masing-masing..’’ jelas ketua UPT Magang dan KPM.

Para peserta magangpun sangat antusias untuk melaksanakan program KPM-Magang Terintegrasi ini, walaupun ditengah masa pandemi seperti ini bukalanlah penghalang bagi  mahasiswa untuk tetap semangat mengikuti KPM-MT pada tahun ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sebagaimana yang di sampaikan oleh salah satu mahasiswa peserta KPM-MT Wahyuningsih dari Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Kegruan dan Ilmu Pendidikan.

‘’Pelaksanaan Magang III dilakukan bersamaan dengan KPM, suatu hal baru yang akan saya alami. Karena, magang itu sebagai wadah untuk latihan kelak nanti didunia kerja nyata kita bisa diberi kesempatan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang selama ini di dapatkan pada bangku perkuliahan. Selain itu, manfaat Magang salah satunya untuk mengasah skill atau kemampuan apakah kita mampu menerapkannya saat terjun di lapangan nanti.’’ ungkap wahyu

Pelaksanaan KPM & Magang III Terintegrasi dalam keadaan Pandemi Covid-19 bisa dikatakan adalah pintu gerbang menuju kesuksesan. Karena, sebuah kesuksesan dilakukan dengan cara berproses tidak banyak protes. Walaupun keadaan saat ini tidak mendukung, jika dicoba dan dijalani maka jalan keluar selalu menanti. Berjuanglah demi orang tua yang ingin melihatmu tidak hanya sukses menjadi seorang sarjana tetapi bisa sukses dalam segala hal..’’ tuturnya saat diwawancarai. [AW/DS]

By Aswitha Sari Suprihathin Jumat, 06 November 2020 | 08:36 am