UNIMUDA Sorong Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik 1 di Indonesia Timur Dalam Pemeringkatan UI GreenMetric 2021 👁️️ 1.160

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 03 Januari 2022 | 09:52 am Berita

UNIMUDA Sorong Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik 1 di Indonesia Timur Dalam Pemeringkatan UI GreenMetric 2021

UNIMUDANews | Universitas Indoesia (UI) melalui UI GreenMetric kembali mengumumkan UI GreenMetric World University Rangkings 2021 yang dilaksanakan secara hybrid pada hari Selasa (12/21) di kampus UI Depok. Berdasarkan pemeringkatan yang dirilis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong berhasil meraih Peringkat Terbaik 1 di antara Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT dan NTB. Penilaian UI GreenMetric 2021 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Economi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

UNIMUDA Sorong berhasil meraih total skor 5.425 poin dari maksimum poin yakni 10.000. UNIMUDA Sorong memiliki point tertinggi di indikator Energi dan Perubahan Iklim dengan 1.100 point kemudian diikuti oleh indikator Keadaan dan Infrastruktur Kampus dengan 1.050 poin. Hasil ini menempatkan UNIMUDA Sorong berada di ranking 498 dunia, 47 nasional dan peringkat 1 di regional Indonesia Timur dari seluruh Perguruan Tinggi di dunia yang berpartisipasi dalam pemeringkatan UI GreenMetric 2021.

Pengumuman UI GreenMetric 2021 ini disaksikan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph. yang mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI; Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A., yang mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI; Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.e., M.A., Ph.D.; dan Ketua UI GreenMetric, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., serta para pimpinan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam pidato sambutannya Prof. Ari Kuncoro menyampaikan bahwa di tahun 2021 mengalami disrupsi dalam kehidupan normal dengan adanya pandemi Covid-19. Selama hampir 2 tahun banyak belajar tentang pandemi ini dan betapa pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari. Di sisi lain, pandemi ini juga memberikan kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang bagaimana cara mengelola perguruan tinggi serta dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat di Indonesia. Banyak perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia yang antusias berpartisipasi dalam pemeringkatan ini. Hal tersebut menunjukkan semakin banyak perguruan tinggi yang menjadikan aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan secara lebih serius.

“UI GreenMetric World University Rankings Network juga menunjukkan bahwa kolaborasi, saling belajar, berbagi, dan bekerja sama secara nasional maupun global mampu mewujudkan kampus yang lebih lestari dan keberlanjutan lingkungan,” ujar Rektor UI.

Adapun Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., yang ditemui saat wawancara beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa apa yang dilakukan terhadap lingkungan hari ini mencerminkan apa yang akan terjadi untuk yang akan datang. Jika hari ini kita memiliki keperdulian dan atensi terhadap lingkungan kita bisa prediksi bahwa kedepan mau jadi apa. Untuk kedepannya daerah ini akan menjadi lingkungan yang benar-benar nyaman dan selalu dirawat serta dijaga sebaik mungkin.

“UI GreenMetric itu sebuah lembaga untuk mengukur sebuah perguruan tinggi, terhadap perhatian dan keperdulian tehadap lingkungan. UNIMUDA Sorong punya respon positif untuk bergabung sekaligus memenuhi ukuran-ukuran yang mau dinilai oleh lembaga tersebut. Di Indonesia hal ini menjadi barang langka, karena masih banyak orang yang tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Maka dari itu karena Universitas memiliki kepekaan terhadap hal tersebut maka dimulai dengan aksi menjaga, dan merawat lingkungan sebaik mungkin.” Ujar Rektor UNIMUDA.

UI GreenMetric ini merupakan suatu inovasi dari Universitas Indonesia (UI) yang telah dikenal luas di dunia Internasional sebagai emeringkatan perguruan tiggi pertaman di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkunan hidup kampus. UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara. (kdx)

 

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 03 Januari 2022 | 09:52 am

Tulis Komentar Anda