UNIMUDA Sorong Ramaikan Upacara Berbusana Adat dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 👁️️ 186

By Nursalim Kamis, 02 Mei 2024 | 11:32 am Berita

UNIMUDA Sorong Ramaikan Upacara Berbusana Adat dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional

UNIMUDA News | Pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional untuk mengenang hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei 1889. Hari Pendidikan Nasional kemudian resmi dirayakan setiap 2 Mei berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1961 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Hari Pendidikan Nasional 2024 yang diperingati pada 2 Mei 2024 mengambil tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

Suasana khidmat memenuhi kampus UNIMUDA Sorong saat menggelar upacara peringatan yang mengesankan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan staf Universitas, serta PMM Inbound, yang mengenakan busana adat masing-masing daerah, menambah warna dan keberagaman dalam peringatan yang penting ini.

Dalam upacara tersebut, Roni Andri Pramita, M. Pd., selaku Dekan Fabio dengan penuh semangat menjadi Pembina Upacara, sambil menyampaikan pidato yang disusun oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam pidato yang dipenuhi makna tersebut, disoroti betapa lima tahun terakhir telah menjadi waktu yang mengesankan bagi para pemimpin gerakan Merdeka Belajar di Kemendikbudristek.

Isi pidato tersebut menekankan betapa tidak mudahnya mentransformasi sistem pendidikan yang besar seperti di Indonesia. Namun, dengan kesadaran akan tantangan dan kesempatan yang ada, mereka terus berjuang untuk memajukan pendidikan di Tanah Air. Pandemi COVID-19 yang tak terduga menjadi salah satu tantangan besar yang dihadapi, mengubah proses pembelajaran secara drastis. Namun, pandemi juga memberikan peluang untuk mempercepat perubahan, yang dijalani dengan semangat gotong royong.

Perjalanan ini telah membawa dampak yang signifikan dalam membangun wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia melalui gerakan Merdeka Belajar. Lanjutnya juga mengajak semua pihak untuk terus berkarya dan berkontribusi, karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus.

Dalam akhir pidato, disampaikan terima kasih kepada semua yang telah berperan serta dalam gerakan Merdeka Belajar, serta menyerahkan estafet gerakan tersebut kepada semua pihak yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan pendidikan yang lebih baik.

Acara peringatan Hari Pendidikan Nasional ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus bergotong royong dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar, sebagai wujud komitmen untuk membawa Indonesia menuju masa depan pendidikan yang lebih baik. (UMF)

By Nursalim Kamis, 02 Mei 2024 | 11:32 am

Tulis Komentar Anda