UNIMUDA Sorong Rintis Kolaborasi dengan beberapa Universitas di Turki 👁️️ 725

By d.sudibyo Selasa, 28 September 2021 | 07:08 am Berita

UNIMUDA Sorong Rintis Kolaborasi dengan beberapa Universitas di Turki

Turki | Salah satu upaya untuk mengimplementasikan visi dan misinya sebagai world class university yang berabasis tourismpreneur university, Universitas Pendidikan Muhammaddiyah (UNIMUDA) Sorong telah membawa delegasi untuk melakukan kunjungan sekaligus tanda tangan program kerjasama dengan Istanbul University yang dipimpin langsung oleh rektor, Dr. Rustamadji, M.Si. (Turki, 24/9/2021), kegiatan ini juga merupakan perintisan kolaborasi riset dengan sasaran rekognisi internasional.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., didampingi oleh sekretaris Badan Pelaskana Harian (BPH) UNIMUDA Sorong, Ir. Eko Tavip Maryanto, M.T., dalam diskusi dengan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Istanbul University, menyampaikan bahwa dalam tahun ini UNIMUDA Sorong telah memperoleh dana hibah dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi RI.

"…dengan rangkaian PKKM itulah, UNIMUDA Sorong dapat menjelajah sampai ke Eropa untuk menjalin kolaborasi riset," tutur Rustadmaji yang juga pernah menerima anugrah toko perubahan Republika.

Untuk tahun 2021 ini sudah dua program studi di UNIMUDA Sorong yang telah mendapat dana hibah PKKM, yakni di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yaitu program pendidkan biologi dan pendidikan teknologi informasi.

Prof. Dr. Adem Esen, dosen Istanbul University Turki yang menjadi tujuan pertama menerima delegasi dalam menyampaikan apresiasi atas kesedian untuk jalin kerjasama, dan kedepannya akan terus dilanjutkan dengan pelaksanaan program-program yang relevan.

Sementara itu Prof. dr. Liburan Sade, Rektor KTO Karatay University  yang menjadi tujuan kunjungan berikutnya Rektor UNIMUDA Sorong bersama tim, menyampaikan terima kasih karena secara Lembaga UNIMUDA juga telah membantu KTO Karatay University dalam memperluas jaringannya.

 “Kami melakukan upaya besar untuk memperluas jaringan kerja sama internasional kami. Dan kami telah menandatangani program Kerjasama ini, yang akan mencakup infrastruktur penelitian dan bidang proyek ilmiah, serta pertukaran akademik dan mahasiswa. Tujuan kami adalah untuk mencapai yang terbaik baik secara nasional maupun internasional”. Sambut Rektor KTO Karatay University.

Dalam rintisan ini, kemudian akan diteruskan dengan publikasi bersama. Di mulai dengan penelitian bersama terkait manajemen pendidikan di Asia dan Eropa.

UNIMUDA Sorong yang merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong ini terus memantaskan diri sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang unggul, yakni dengan terus bertambahnya program studi – program studi unggulan yang lain.

Sehingga saat ini, UNIMUDA Sorong juga mengelola program studi seperti Teknik, humanio dan juga Kesehatan, dan ada prodi yang sangat relevan yaitu program studi Hubungan Internasional. Bahkan saat ini UNIMUDA juga telah diberikan kepercayaan oleh Kementerian Agama RI untuk menyelenggarakan program studi Pendidikan Agama Islam, dan telah menerima mahasiswa baru sejak tahun 2021.

"..Sekaligus ini melengkapi program Ma'had Bilal bin Rabah yang sebelumnya telah ada," kata Rektor UNIMUDA Sorong.

Rintisan dan Pengembangan ini di pelbagai perguruan tinggi luar negara menjadi sebuah kebutuhan tersendiri.

"Tidak lagi jadi pengembangan fisik dan program studi semata, melainkan pada sasaran rekognisi global yang pada akhirnya menjadi akreditasi internasional," tutur Rustamadji.

Kunjungan dalam rangka merintis kolaborasi dengan menandatangani program Kerjasama dalam tridharma perguruan tinggi dengan Istanbul University ini didampingi juga oleh wakil rector III, beberapa kepala Lembaga di UNIMUDA, dosen utusan dari program studi TI dan Biologi serta salah salah satu Tim expert UNIMUDA, yaitu Ismail Suardi Wekke, M.A., Ph.D. Kunjungan bertolak ke Istanbul Turki sejak tanggal 22 September 2021 dan direncakan akan Kembali ke tanah air pada 1 Oktober 2021. [ds/isw]

By d.sudibyo Selasa, 28 September 2021 | 07:08 am

Tulis Komentar Anda