Vaksinasi Muhammadiyah Untuk Semua digelar di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong 👁️️ 171

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Sabtu, 13 November 2021 | 11:22 am Berita

Vaksinasi Muhammadiyah Untuk Semua digelar di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

UNIMUDANews | Dalam rangka mendukung program percepatan Vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong kembali turut mengambil bagian sebagai sentra Vaksinasi Massal. Berbeda dari biasanya kali ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sorong bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, USAID, Mentari Covid dan Majelis Pembinan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menggelar Vaksinasi Massal.

Vaksinasi Massal yang bertajuk ‘Muhammadiyah untuk Semua’ ini dilaksanakan di Gedung Sportorium Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong terhitung selama tiga hari dimulai pada Sabtu (13/11) dilanjutkan Senin hingga Selasa (15-16/11) ini dengan menargetkan 3.000 warga selama kurun waktu tersebut di Kabupaten Sorong.

Ketua PDM Kabupaten Sorong, Dr. Sulardi, M.Pd. menceritakan awal mula hingga terlaksananya kegiatan ini adalah bermula dari pertemuan virtual mereka via Zoom Meeting untuk melaksanakan Vaksin kolabosari ini, sehingga hari ini dapat terlaksana. Sulardi juga mengatakan bahwa kegiatan ini mengandung unsur dakwah.

“Bapak/Ibu jadi ternyata kegiatan ini adalah suati kegiatan mengandung unsur dakwah dimana kita membentuk sekelompok umat yang mengajak pada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar sehingga kelompok ini adalah kelompok orang-orang yang beruntung. Untuk mencegah menyebarnya penyakit menuar ini kami dari Muhammadiyah sudah beberapa kali melakukan ikhtiar dengan mengadakan vaksinasi seperti ini, dan kali ini Muhammadiyah di percaya untuk melaksanakan Vaksinasi Massal ini.” Ungkapnya.

 

Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Dr. Agus Samsudin yang turut hadir pada pembukaan kegiatan ini juga mengungkapkan dalam sambutannya bahwa kita perlu bersyukur kepada Allah SWT.

“Kita perlu bersyukur kepada Allah SWT karena hari ini dapat menyaksikan pelaksanakan Vaksinasi yang diselenggarakan bersama dengan Mentari Covid bekerjasama dengan USAID di UNIMUDA Sorong. Kegiatan ini merupakan salah satu tupoksi Muhammadiyah untuk menolong. Muhammadiyah dalam menolong tidak boleh membedakan suku, ras, budaya dan agama. Pada Vaksinasi Massal ini semua dapat mengikutinya tanpa memandang suku, ras, budaya dan agama, siapapun dapat datang untuk melakukan Vaksinasi.” Ungkapnya.

Agus juga mengungkapkan kebanggaannya kepada UNIMUDA Sorong karena dapat berdiri menjadi salah satu kampus Muhammadiyah yang mampu menjadi contoh.

“...termasuk dalam dunia pendidikan Muhammadiyah juga tidak membeda-bedakan. UNIMUDA ini salah satu kampus yang dapat dijadikan panutan atau contoh karena menurut informasi 70% mahasiswanya asli Papua, hal ini membuktikan bahwa UNIMUDA telah menerapkan kebaikan.” Katanya.

Ia mengatakan bahwa vaksinasi ini merupakan upaya Muhammadiyah menggerakan segenap potensi bangsa untuk ikut melakukan vaksinasi ini. Beliau berharap agar negeri kita ini dapat segera terbebas dari Covid, dan dapat segera beraktifitas normal kembali.

Sementara itu, PLT Warek 1 Mukhlas Triono, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa UNIMUDA Sorong selalu berusaha untuk terus konsisten menjadi mandataris untuk bisa menjaga kemanusiaan, merawat kemanusiaan sesuai perintah Al-Qur’an dan juga mandat dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan tentu juga pemerintah untuk senantiasa menggalakkan seluruh kegiatan baik pencegahan maupun penanganan dalam rangka menghadapi Pandemi Covid-19.

“UNIMDA Sorong, kampus yang sejak Pandemi Covid-19 muncul pada akhir 2019 lalu hingga detik ini, tercatat bahwa UNIMUDA Sorong terus bersinergi dengan seluruh stakeholder bersama pemerintah daerah bersama dengan persarikatan Muhammadiyah melalui seluruh ortomnya untuk terus berupaya berperang melayan Covid-19. Muhammadiyah terus berupaya untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi amanat dari PP Muhammadiyah dan Pemerintah. Sampai dengan terakhir kemarin UNIMUDA bersinergi dan kemudian mengadakan atau menyediakan apartemen sebagai shelter atau tempat karantina bagi pasien Covid-19, UNIMUDA.” Ungkapnya.

UNIMUDA Sorong yang terus bersinergi dengan pemerintah daerah sejak awal tahun untuk dapat membantu menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 dalam hal ini UNIMUDA Sorong juga mendapatkan bantuan Mobil Vaksinasi dan Laboratorium Transformasi DIKTI di Daerah 3T. (kdx)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Sabtu, 13 November 2021 | 11:22 am

Tulis Komentar Anda